Sabtu, 20 Jul 2019 07:13 WIB

Harga Baterai Outlander PHEV Bisa Setara 2 LCGC

Ridwan Arifin - detikOto
Colokan listrik Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Rifkianto Nugroho Colokan listrik Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meliris harga Outlander PHEV pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang. Mobil ramah lingkungan ini dibanderol Rp 1,289 miliar.

Selain harganya yang cocok untuk orang pecinta lingkungan yang berkocek tebal. Mobil plug in hybrid ini terbilang unik sebab Outlander PHEV , sebab memiliki tiga mode berkendara, yakni mode EV, mode HEV, dan juga mode Parallel Hybrid.

Salah satu komponen untuk menunjang teknologi mobil listrik model Plug In Hybrid terletak pada baterai kendaraan yang dipakai. Department Head Technical Service Sales and Marketing Division PT MMKSI, Boediarto mengatakan pihak Mitsubishi mengklaim daya tahan baterai bisa mencapai umur 10 tahun.



Seperti yang diketahui komponen dari kendaraan Hybrid yang saat ini tergolong belum ramah di kantong adalah baterai. "Harga baterai sekitar mungkin Rp 200-an juta," ujarnya.

Itu berarti harga baterainya saja bisa setaraf dengan 2 mobil low cost and green car (LCGC) versi termurah.



Namun seperti yang diketahui baterai merupakan salah satu komponen yang tergolong slow moving. Kebiasaan buruk pengguna kendaraan bisa mempercepat umur baterai.

Mitsubishi Outlander PHEVMitsubishi Outlander PHEV Foto: Rifkianto Nugroho


"Dari MMC itu imbauannya adalah contoh parkir kalau bisa parkir di tempat beratap, salah satunya. Karena bukan bahaya atau apa, tadi umur baterai kalau tahu sendiri di negara tropis mobil yang ditinggal parkir saja temperatur yang di dalam mobil yang tertutup kaca, jauh lebih tinggi daripada temperatur luar sendiri," ujar Boediarto saat konferensi pers di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Kendati demikian Boediarto menjelaskan bahwa pembelian unit Outlander PHEV terutama baterai sudah termasuk garansi tiga tahun atau jarak 10 ribu kilometer.

Simak Video "Perang Mobil Listrik di GIIAS 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed