Kamis, 18 Jul 2019 18:47 WIB

Lepas Jabatan Wapres 3 Bulan Lagi, JK Kembali ke Dunia yang Lama

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Masa jabatan Jusuf Kalla (JK) sebagai Wakil Presiden RI periode 2014-2019 tinggal menghitung bulan. Oktober nanti, akan ditetapkan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, dan tugas JK sebagai Wakil Presiden RI dilanjutkan oleh K.H. Maruf Amin.

Saat membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, JK berbicara soal masa jabatannya yang akan habis.



"Sebagai pribadi sangat gembira, tiga bulan lagi saya sudah akan meletakkan jabatan, berarti kembali ke dunia yang lama, termasuk mengamati industri kendaraan ini atau mengikuti serta mendukung industri mobil ini berkembang sebagaimana pengalaman pada masa lalu sampai sekarang ini," ujar JK dalam sambutannya di acara Opening Ceremony GIIAS 2019 di Nusantara Hall ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

JK memang tak lepas dari sejarah perkembangan industri otomotif di Indonesia. Perusahaannya juga merambah bisnis otomotif. Pada 1969 lalu, perusahaannya masuk ke bisnis otomotif dengan menjadi importir mobil merek Toyota. Hingga, bisnis otomotifnya semakin berkembang sampai saat ini.

Menurut JK, industri otomotif penting untuk didukung. Terlebih, industri otomotif juga memberikan dampak positif terhadap situasi ekonomi negara.



"Itu yang sangat penting bagi kita semua bahwa salah satu kemajuan negara diukur dari perkembangan industri kendaraan ini," ujarnya.

Apalagi, kata JK, industri otomotif memiliki efek domino yang luas. Industri otomotif memiliki ratusan vendor rantai pemasok komponen kendaraan yang terus berkembang. Lebih lagi, industri otomotif menciptakan hingga jutaan lapangan kerja.

"Makanya indikasi industri ini didukung swasta dan pemerintah," ujar JK. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com