Senin, 06 Mei 2019 20:38 WIB

Lebih Murah, Anak Muda Pecinta Harley-Davidson Mulai Merapat

Ruly Kurniawan - detikOto
Harley-Davidson Foto: Pradita Utama Harley-Davidson Foto: Pradita Utama
Jakarta - Meskipun banyak yang menyukai moge Harley-Davidson, tak sedikit yang tidak mampu menggarasikannya. Sebab, banderolan moge ini tidaklah murah. Maka tak heran ada anggapan bahwa yang memiliki motor ikonik asal Amerika Serikat tersebut adalah orang yang sudah sukses (usia 30-40 tahunan).

Namun seiring perkembangan, pengguna Harley-Davidson tak hanya datang dari orang tua saja. Director Harley Owners Group Jakarta Chapter Suherli menyatakan, kini anak muda banyak juga yang memiliki moge tersebut.



"Iya sekarang banyak anak baru dan masih muda-muda. Usia 21-30 tahunan. Kalau dahulu kan kebanyakan yang sudah tua, sudah sukses gitu," ujarnya di Jakarta pekan kemarin.

Salah satu alasan fenomena tersebut, lanjut Suherli, adalah harga motor yang sudah mulai terjangkau. "Harley kan sekarang dipasok dari Thailand, jadi harganya bisa lebih murah 30%-an. Jadi saya lihat itu salah satunya disamping sekarang anak muda banyak yang sudah menghasilkan pemasukan sendiri," kata dia.



"Jadi sekarang komunitas lebih beragam, lebih fresh. Sekaligus tak ada lagi tanggapan bahwa anak muda tidak bisa punya Harley," lanjut Suherli.

Mengutip data komunitas Harley Owners Group (HOG) yang disebutkan beberapa waktu lalu, dikatakan sekitar 90 persen anggota di komunitas itu diisi oleh anak muda.

"90% dari 500 anggota HOG adalah anak muda berusia 30 hingga 35 tahun, bahkan banyak juga yang belum berusia 30 tahun," kata Suherli.

Dikesempatan sama, HOG menyelenggarakan gathering sesama pengguna Harley-Davidson di Jakarta dan sekitarnya menjelang bulan Ramadhan. Ratusan motor terparkir yang terdiri dari komunitas Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Ikatan Sport Harley-Davidson (ISHD), Motor Besar Indonesia (MBI), Motor Besar Club (MBC), Da' Bombix Indonesia, Fight Demons, Bikers Brotherhood 1% MC, Meddocs, Police Owners Group (POG), Harley Owners Telkomsel (HOT), Piston Pirates, Iron Horse, Motor Antik Club Indonesia (MACI), dan lain-lain.

"Kami ingin bersilaturahmi bersama sesama anggota H.O.G Anak Elang dan juga saudara-saudaara dari komunitas lain. Kami juga ingin bersama mempersiapkan diri memasuki dan menghormati bulan Suci Ramadan," kata Suherli sambil menyantap suasana hangat BBQ Night Ride tersebut. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com