Kamis, 01 Nov 2018 12:48 WIB

Yamaha: Tangki BBM FreeGo Tidak di Depan, Itu Lubangnya Saja

- detikOto
Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan skuter matik (skutik) baru bermesin 125 cc di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Skutik baru itu adalah Yamaha FreeGo.

Salah satu fitur yang menjadi nilai jual Yamaha FreeGo adalah lubang pengisian tangkinya yang berada di sisi depan. Namun, Yamaha meluruskan bahwa bukan tangkinya yang ada di depan, melainkan cuma lubang pengisiannya.



"Secara safety nggak masalah, karena ini sudah diuji. Nggak masalah (dengan tangkinya), karena bukan di depan, tapi di bawah (berada di bawah dek kaki), tapi pengisian dari depan," kata Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Mulut tangki bensin Yamaha FreeGo berada si dasbor depan sebelah kiri. Mulut tangki bensin Yamaha FreeGo berada si dasbor depan sebelah kiri. Foto: Ridwan Arifin


Dengan lubang tangki bahan bakar di depan, maka pengendara tak perlu repot membuka jok. Tangki bensinnya berkapasitas 4,2 liter. Tangkinya berada di bawah dek kaki, bukan di depan karena di depan hanya lubang pengisian bensin. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMAX.



Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Antonius Widiantoro menambahkan, jika cover bawah Yamaha FreeGo dibuka, terdapat celah sebelum mencapai tangki. Cover bawah dan tangki dipisahkan oleh pelat baja.

"Kalau itu dibuka, antara cover bawah itu ada pelat baja, jadi ada jeda, di atas pelat baja itu ada jeda lagi, baru tangki. Makanya tadi Pak Dyon bilang aman. Itu nggak akan langsung kena, makanya dipastikan aman. Hanya posisi pengisiannya dari dasbor di depan," jelas Anton. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com