Selasa, 25 Sep 2018 16:07 WIB

Bus Listrik Ini Cocok Juga Kali Ya Buat Bus Transjakarta?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Bus listrik Crealis (Foto: Iveco) Bus listrik Crealis (Foto: Iveco)
Hannover - Produsen kendaraan bus Iveco merilis bus yang benar-benar bebas emisi alias listrik. Bus itu pun mendapat penghargaan sebagai kendaraan urban terbaik.

Bus listrik yang dimaksud adalah Crealis In-Motion-Charging. Bus berwarna biru ini menggabungkan electric overhead lines dengan baterai dan fasilitas pengisian baterai in-motion.



Untuk mengembangkan bus listrik, Iveco tidak sendirian. Iveco menggandeng Skoda Electric yang sudah menjadi partner selama 20 tahun di Eropa. Bus bakal tersedia dalam beberapa ukuran. Mulai dari urban atau untuk Bus Rapid Transit, dengan ukuran masing-masing 12 dan 18 meter.

Iveco saat ini tengah memamerkan bus listrik itu di pameran IAA 2018 di Hannover, Jerman. Berkat inovasinya bus ini sudah memenangkan berbagai penghargaan seperti Sustainable Bus of the Year 2019 dalam kategori Urban dan juga penghargaan inovasi dalam kategori Move Green Energy-Environment pada European 2018 Mobility Exhibition di Paris.



Di pameran IAA, Iveco sendiri mencetak sejarah dengan menampilkan bus atau kendaraan yang tidak menggunakan diesel. Rata-rata kendaraan yang ditampilkan adalah kendaraan bus dan truk berbahan bakar gas atau listrik seperti Crealis.

Kira-kira bagaimana kalau dipakai untuk bus Transjakarta? Cocok kali ya?

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed