Senin, 13 Agu 2018 17:38 WIB

2 Tahun Sebelum Mobil Dibuat Ban Sudah Dirancang

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ban Dunlop Foto: Khairul Imam Ghozali Ban Dunlop Foto: Khairul Imam Ghozali
Tangerang - Dari berbagai komponen pada mobil, ban jadi salah satu yang paling penting. Bahkan bertahun-tahun sebelum sebuah mobil dibuat, ban sudah dirancang lebih dulu.

Seperti yang disampaikan General Manager Sales Planning & Administration PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop), Hendra Himawan, sekitar dua tahun sebelum mobil dibuat, produsen sudah mulai meminta produsen ban yang ditunjuknya sebagai Original Equipment manufacturer (OEM), merancang bannya.

"Di dalam memasukan produk ke Oem itu sangat ketat diperlukan waktu selama dua tahun sejak mobil belum jadi, sebelum jadi mobil belum di buat pun sudah diskusi," ujarnya saat ditemui di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show di ICE BSD, Tangerang, pekan lalu.

Ban akan dirancang sesuai dengan permintaan dari produsen mobil. Biasanya permintaan tersebut berdasarkan karakter mobil yang akan dibuatnya.

"Kita akan membuat mobil dengan tipe dan karakter seperti ini, dibutuhkan ban yang sesuai dengan keinginan mereka, ya yang senyapnya bagaimana, desainnya bagaimana," tutur Hendra.

"Itu otomatis sesuai (ban dengan mobil), paling sesuai ban yang dipakai saat mobil itu baru, sesuai pasti, dari kenyamanan, safety, dan lainnya, pasti sesuai dengan karakter mobil itu," tambahnya.

Selain dari segi kualitas lanjut Hendra mengatakan, untuk masuk sebagai OEM produsen mobil akan melihatnya dari jejak rekam produsen ban itu sendiri sampai bagaimana cara produsen ban itu menangani masalah dengan konsumen.

"Pertama keberlangsungan produksinya bagaimana, teknikal kalau ada komplain, itu dilihat dan track record juga paling penting," katanya.

Dunlop sendiri disebut Himawan menjadi produk yang banyak dipakai pabrikan sebagai ban resmi pabrikan baik motor maupun mobil. "Ada lebih dari 28 (model mobil) yang pakai Dunlop," ujarnya.

Sedangkan untuk roda dua ada tiga merek motor yang sudah cocok menggunakan Dunlop sebagai ban OEM. "Yamaha, Suzuki, sama Kawasaki," ucap Hendra.

Enasave EC300, Sport Maxx 050, Grandtrek AT25, Grandtrek ST30, merupakan jenis ban dari Dunlop yang banyak dipakai oleh pabrikan mobil. "Itu untuk passanger car," kata Hendra.

Sedangkan untuk motor ada Geomax MX52 dan MX3S, D952 serta D605 jenis ban untuk motor off road. Untuk motor on road ada jenis ban motor Radial Sportmax GPR300. "Khususnya untuk motor touring," imbuh Hendra.

Ban motor DunlopBan motor Dunlop Foto: Khairul Imam Ghozali


Tipe lain yaitu ArrowMax GT601 dan ScootSmart untuk motor-motor matik berbadan bongsor yang sedang naik daun di pasaran.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed