Senin, 13 Agu 2018 15:25 WIB

Kata Jokowi Soal Mobil Desa

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat menjajal mobil desa disopiri Airlangga Hartarto. Foto: Rengga Sancaya Jokowi saat menjajal mobil desa disopiri Airlangga Hartarto. Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Presiden Joko Widodo sempat menghadiri peluncuran Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau lebih sering disebut mobil desa saat pembukaan pameran Gaikindo Indonesia international Auto Show (GIIAS) 2018. Jokowi tak sekadar hadir, ia bahkan menyempatkan untuk menjajal mesin kendaraan berukuran mungil untuk Pak Tani itu.

Lantas apa tanggapan Jokowi usai menjajal mobil desa?


"Ini tadi galak ya, mesinnya keras, kuat kata beliau," ungkap Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) Sukiyat menirukan ucapan Jokowi padanya.

Mungil-mungil begini, mobil desa kata Sukiat sudah banyak yang memesannya lho. Namun mobil ini baru siap diproduksi pada bulan Januari. Mobil desa ini masih menunggu izin untuk bisa mengaspal di jalanan-jalanan kawasan pertanian. Kabarnya izin dari Kementerian Perhubungan itu bakal keluar pada bulan Februari.



"Masyarakat banyak yang udah pesan, tadi dari Lampung juga sudah pesan," lanjut Sukiyat.

AMMDes didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.


Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintegrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.

AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang meliputi vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor asing untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes.



Simak video Jokowi Buka GIIAS 2018, Sekaligus Pamer Mobil Desa (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed