Minggu, 12 Agu 2018 20:58 WIB

Berapa Sih Bayaran Para Pengelap Mobil di Pameran GIIAS?

Ruly Kurniawan - detikOto
Para pembersih mobil di pameran GIIAS. Foto: Ruly Kurniawan Para pembersih mobil di pameran GIIAS. Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang - Bekerja full tanpa shift ternyata tidak membuat para pembersih mobil di pameran otomotif mendapat bayaran tinggi. Disaat para SPG cantik mendapat bayaran hingga Rp 1 juta selama 5 jam, para pembersih mobil mendapatkan Rp 1 jutaan selama 10 hari pameran.

Namun enaknya gaji mereka tetap dan tidak terikat kontrak.


"Kita dari diler, bukan kontrak. Jadi gajinya perbulan. Kalau SPG kan kontrak, jadi dia bayarannya besar. Pameran otomotif ini memang ada bonus, tapi hanya kisaran Rp 1 jutaan (sampai pameran selesai)," ucap salah satu penyedia pembersih mobil pameran ketika berbincang bersama detikOto di pameran otomotif GIIAS 2018, ICE BSD, Tangerang.

Mereka juga bercerita tentang lelahnya tangan dan kaki selama berkerja di pameran.

"Capek sih pasti, kaki dan tangan. Apalagi kalau sedang ramai pengunjung. Kita mulai kerja itu saat pameran ingin dibuka sampai mobil disarungin kembali," paparnya.


"Kalau ada lecet di mobil ya kita kadang kena denda. Tapi nggak sering, karena kalau lecetnya dari pengunjung pameran itu sudah resiko diler terkait. Yang kita kena denda itu kalau saat ngebersihkan terus tak sengaja terbaret oleh kuku," katanya lagi. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed