Minggu, 12 Agu 2018 17:08 WIB

Oli Buatan Pabrikan Tak Selalu Mahal Kok!

Ruly Kurniawan - detikOto
Oli genuine Daihatsu. Foto: Ruly Kurniawan Oli genuine Daihatsu. Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang - Demi menjaga kenyamanan dan keamanan produk-produk yang sudah beredar, pabrikan mobil meluncurkan pelumas asli khusus atau genuine oil. Tapi tak sedikit para pengguna yang mengeluh sebab pelumas yang ditawarkan berbanderol tinggi dibanding after market.

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ahmad Syaufi tak menampik pemikiran tersebut kerap terjadi. Namun bila diperhatikan, sebenarnya pelumas asli pabrikan tidaklah mahal ketika dibandingkan dengan jaminan kualitasnya.


"Kami inisiatif mengeluarkan genuine oil karena populasi mobil Daihatsu banyak dan memudahkan pemiliknya agar tidak salah dalam memilih oli. Sehingga mobil Daihatsu mereka sehat selalu," ucap Ahmad Syaufi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di kawasan BSD City, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

"Ini pemikiran yang kerap terjadi dan keliru (mahalnya genuine oil). Sebenarnya sekarang oli pabrikan itu cukup terjangkau dan tidak kalah murah. Yang terpenting sih kualitasnya terjamin," tambahnya.

Sebagai spesialis mobil kompak, Daihatsu memberikan perhatian lebih dengan meluncurkan dua oli mesin yang disebut cocok untuk keadaan Indonesia. Yaitu DGO 5W-30 dan DGO 10W-40.

Kedua pelumas sintetik tersebut akan mendukung kinerja mesin bagi kendaraan yang sering mengalami kondisi pada kecepatan tinggi, stop and go, sampai lalu lintas padat. Sehingga mobil akan selalu responsif, awet, serta irit bahan bakar.


DGO 5W-30 maupun DGO 10W-40 sudah teruji sesuai dengan kualitas pabrik Daihatsu global. DGO 5W-30 berspesifikasi API SN/GF-5 dijual seharga Rp 97.000/liter sedangkan DGO 10W-40 berspesifikasi API SN dibanderol Rp 80.000/liter.

Tapi sayang, oli tersebut masih standar euro 2. "Belum euro4 karena keputusan dan spesifikasinya belum dikeluarkan pemerintah. Kalau sudah pasti Daihatsu menyesuaikan," kata Ahmad.

"Kami berharap, peluncuran kedua pelumas mesin ini dapat memberikan kinerja mesin kendaraan Daihatsu agar selalu responsif, awet, irit bahan bakar, dan mudah dalam perawatannya. Pelumas ini sudah kita uji bersama Pertamina," tutupnya. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed