GIIAS 2018: Sedan dan Sport Mewah Jerman Meluncur

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 03 Agu 2018 10:43 WIB
Model berpose dengan mobil Audi A8 L. Mobil dijual seharga Rp 2.950.000.000 di GIIAS 2018. Foto: Ari Saputra
Tangerang - Produsen ternama asal Jerman Audi tidak mau ketinggalan dalam memperkenalkan mobil terbaik mereka di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Ada 2 mobil yang diluncurkan yakni Audi A8 L dan Audi RS 5 Coupe. "Baik New Audi A8 L maupun Audi RS 5 Coupe merupakan produk terbaik yang mengusung filosofi Vorsprung Durch Technik khas Audi. Keduanya menunjukkan desain kendaraan Audi yang stylish, chasiss teknologi tinggi di balik badannya serta kekuatan mesin yang menyuguhkan performa istimewa," ujar CEO PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri.

Bagi Otolovser yang menginginkan kedua produk Audi terbaru ini, harus menyediakan kocek yang cukup besar. Karena untuk Audi A8 L dipasarkan di Indonesia dengan banderol Rp 2.950.000.000 (on the road) dan tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu Brilliant Black, Glacier White, Florett Silver, Impala Beige, Mythos Black dan Terra Grey.



Sedangkan The New Audi RS 5 Coupe dijual dengan harga Rp 2.635.000.000 ( on the road), dengan 8 pilihan warna, yaitu Mythos Black, Nardo Grey, Florett Silver, Glacier White, Navarra Blue, Sonoma Green, Daytona Grey dan Misano Red.

Jika coba lebih menggambarkan keunggulan mobil Jerman ini, desain Audi A8 L menampilkan garis-garis desain baru yang diusung sebagai era baru desain mobil-mobil Audi di masa mendatang.

Single frame grille di bagian depan kini tampil lebih tegas, garis-garis tubuh berotot yang mengalir menggambarkan kemewahan sekaligus mempertegas nilai sporty, canggih dan progresif. Pada Audi A8 L, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) yang lebih panjang 13 cm dari A8 standar, menawarkan ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman.

Tak sekedar lapang, kabin A8 L juga menyuguhkan desain interior yang jauh lebih modem dan canggih. Dashboard dan panel instrument kini lebih sedikit terdapat tombol, digantikan layar sentuh 10,1 inci yang tampil menyatu dengan dashboard, tampak tersamar berkat warna panel gelap yang memiliki nuansa serupa dengan aksen high gloss black bezel di dashboard.



Di balik kap mesinnya, Audi menyuguhkan mesin V6 Turbo 3.0 TFSI yang mampu menyemburkan hingga 340 hp. Tenaga tersebut diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Audi A8 juga telah dilengkapi dengan teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) sebagai fitur standard. Teknologi ini menjadikan A8 mampu untuk berjalan konstan dengan mesin mati dan dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus. Teknologi ini juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Sementara New Audi RS 5 Coupe, merupakan model pertama Audi dengan garis desain keluarga RS terbaru. Desainer Audi mendapatkan inspirasi RS 5 Coupe dari detail model balap Audi 90 quattro IMSA GTO.

Di bagian depan, lubang udara masuk berukuran besar dengan struktur sarang madu (honeycomb) menjadi ciri khas utama model RS. Grille model single frame kini lebih lebar dan datar dibandingkan model Audi A5 sebagai base modelnya. Di bagian belakang, bumper telah dilengkapi dengan diguser dan lip spoiler di bagian pintu bagasi.

Sejatinya sebuah sportscar, Audi RS 5 Coupe mendapatkan jantung pacu mesin V6 biturbo 2.9 TFSI yang menyuguhkan peningkatan performa dan efisiensi dibandingkan RS 5 generasi sebelumnya. Tenaga puncak 450 hp dan torsi maksimal hingga 600 Nm pada 1.900 5.000 rpm membuat mobil ini mampu berakselerasi 0 -100 km/jam dalam 3,9 detik dan kecepatan maksimal hingga 280 km/jam.




Tonton juga 'Buat Mobil Listrik, Audi Bertaruh di e-Tron':

[Gambas:Video 20detik]



GIIAS 2018: Sedan dan Sport Mewah Jerman Meluncur
(lth/ddn)