Sabtu, 28 Apr 2018 17:02 WIB

Ini yang Bikin Suzuki Ertiga Baru Lebih Irit

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Suzuki Ertiga terbaru punya bobot lebih ringan yang membuatnya hemat BBM. Foto: Dadan Kuswaraharja Suzuki Ertiga terbaru punya bobot lebih ringan yang membuatnya hemat BBM. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Suzuki Ertiga terbaru telah melakoni debut perdananya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia mengklaim Ertiga terbaru ini lebih irit ketimbang model sebelumnya.

Padahal Suzuki Ertiga terbaru punya dimensi 130 cm lebih panjang dari model sebelumnya, begitu juga lebarnya yang nambah 40 mm, serta tingginya nambah 5 mm, termasuk mesinnya dari 1.4 liter (K14B) menjadi 1.5 liter (K15B).


Klaim lebih irit tersebut dijelaskan Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel, karena Suzuki Ertiga terbaru ini dibekali platform baru yakni HEARTECH.

"Secara teoritis, setiap pengurangan bobot mobil sebanyak 100 kg, efisiensi BBM akan meningkat 5-6 persen. Inilah alasan tingkat konsumsi BBM All-New Ertiga lebih irit 3,3 persen dibandingkan generasi lamanya" ujarnya kepada wartawan, di JIExpo Kemayoran.

Platform tersebut sebenarnya bukan yang pertama disematkan pada produk dari produsen asal Jepang itu. Suzuki Ignis dan Baleno Hatchback sudah lebih dulu menggunakannya.


"Kami melakukan rekonfigurasi terhadap sambungan pelat-pelat, dari yang tadinya berbentuk kotak menjadi segitiga. Poinnya adalah bahwa penggunaan baja, pelat, dan sambungan lebih sedikit membuatnya lebih ringan serta rigid," tutur Harold.

Suzuki Ertiga terbaru dibekali mesin bensin baru dengan kapasitas lebih besar 1,5L menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar yang disebut Mesin bensin K15B yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar ketimbang model sebelumnya.

Mesin tersebut menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran untuk berkendara yang lebih tenang, dan radiator yang sangat efisien memberikan output yang lebih tinggi serta performa AC yang lebih baik. Dan mesin ini pun dijanjikan bakal mampu menyemburkan tenaga 104,7 ps pada 6.000 rpm dengan momen puntir maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed