Jumat, 27 Apr 2018 15:58 WIB

Laporan dari IIMS 2018

Pakai Mesin Baru, Bagaimana Nasib Konsumen Suzuki Mesin Lama?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pakai Mesin Baru, Bagaimana Nasib Konsumen Suzuki Mesin Lama? Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Selaku agen pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia meluncurkan Suzuki Ertiga terbaru dengan banyak ubahan. Termasuk mesinnya, yang kali ini dibekali mesin yang lebih besar menjadi 1.5 liter (K15B).



Pada model Suzuki Ertiga sebelumnya, mobil dibekali mesin 1.4 liter (K14B). Pertanyaannya bagaimana nasib konsumen yang masih menggunakan produk Suzuki dengan mesin K14B?

Karena sebagaimana yang diketahui bahwa mesin K14B ini bukan hanya disematkan pada Suzuki Ertiga model lama saja.

"Sebagai tanggung jawab kami kepada konsumen yang sudah menggunakan mesin K14B jangan khawatir karena part-part-nya masih ada, jadi di jamin kami akan tetap sediakan," ujar Marketing 4W Product Development & Accessories Manager PT SIS, Yulius Purwanto, kepada wartawan, di JIExpo Kemayoran.



Yulius menjamin bagi para konsumen Suzuki dengan mesin K14B jika ingin melakukan perbaikan atau pergantian komponennya diler-diler resmi Suzuki masih menyediakannya.

"Kalau ada perbaikan segala macam part-partnya masih ada di diler-diler Suzuki disetiap kota di Indonesia ini," tuturnya.

Mesin bensin K14B sebelumnya juga disematkan Suzuki pada produk lainnya seperti Suzuki Swift dan Baleno.



Mesin bensin K15B yang baru memberikan efisiensi bahan bakar yang sangat baik, serta tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin K14B yang terdapat pada Ertiga sebelumnya, dalam dimensi yang lebih kecil sehingga memberikan ruang untuk interior yang lebih besar meskipun kapasitasnya lebih tinggi.

Mesin tersebut menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran untuk berkendara yang lebih tenang, dan radiator yang sangat efisien memberikan output yang lebih tinggi serta performa AC yang lebih baik. Dan mesin ini pun dijanjikan bakal mampu menyemburkan 77 kW di RPM 6.000 dan memiliki torsi mencapai 138 di RPM 4.400. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com