Laporan dari Tokyo Motor Show

Toyota Sudah Pengalaman di Bidang Elektrifikasi Kendaraan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 27 Okt 2017 15:46 WIB
Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Dunia otomotif saat ini tengah fokus untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, saat ini sudah mulai ada kendaraan ramah lingkungan.

Salah satunya adalah kendaraan hybrid. Toyota sejak 20 tahun lalu sudah memiliki mobil hybrid, yaitu Prius. Mobil hybrid disebut sebagai mobil elektrifikasi yang menggabungkan mesin bakar dan motor listrik.

"Mobil elektrifikasi produksi massal pertama kami sudah ada di sini di Tokyo 20 tahun lalu, itu adalah Prius, dan itu merupakan pionir untuk kendaraan elektrifikasi," kata Executive Vice President Toyota Motor Corporation, Didier Leroy, di arena Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang.

"Pesan kami jelas, elektrifikasi telah mengubah transportasi menjadi lebih baik," katanya.

Menurutnya, sejak elektridikasi hadir untuk menekan emisi, nilai nyata sudah hadir saat Prius terjual secara signifikan. Menurut Leroy, Toyota sudah menjual 37 mobil elektrifikasi di lebih dari 90 negara dengan angka penjualan hampir 1,5 juta unit per tahun.

"Selain itu, jika Anda berbicara soal kendaraan elektrifikasi di seluruh dunia saat ini, pangsa pasar Toyota sudah sebesar 43 persen," ujarnya.

Dengan lebih dari 11 juta mobil elektrifikasi yang sudah dijual selama 20 tahun, kata Leroy, Toyota telah mengembangkan dan meningkatkan komponen elektrifikasi. Itu termasuk motor, inverter, perangkat lunak kontrol elektrik, serta baterai. (rgr/dry)