Laporan dari Tokyo Motor Show

Daihatsu: DN Multisix dan Trec Cocok Buat Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 26 Okt 2017 12:35 WIB
Daihatsu DN Multisix (Foto: M Luthfi Andhika)
Tokyo - Saat ini ada 5 mobil konsep terbaru Daihatsu yakni DN U-Space, DN Pro Cargo, DN Compagno, DN Trec dan DN Multisix. Mobil yang terakhir sempat menyapa Indonesia di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) beberapa waktu lalu.

Dari sekian banyak mobil konsep itu? Mana yang akan diproduksi atau dijual di Indonesia?

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, akhirnya pun menuturkan mobil konsep Daihatsu yang mana yang paling oke untuk bisa melintas di jalanan Indonesia.

"Sebenarnya kalau yang paling cocok di pasar indonesia itu kan MPV ya. Karena MPV itu pada dasarnya mobil impian masyarakat Indonesia, tetapi selain MPV itu juga yang kita tampilkan itu crossover DN Trec," kata Amelia Tjandra seperti dilaporkan reporter detikOto M Luthfi Andika dari Tokyo, Kamis (26/10/2017).

Jika benar akan memperkenalkan Daihatsu DN Trec, artinya Daihatsu akan menjawab tantangan Suzuki Ignis? Lalu bagaimana dengan DN Multisix yang sudah diperkenalkan di GIIAS?

Daihatsu New (DN) TrecDaihatsu New (DN) Trec Foto: M Luthfi Andhika


"Jadi DN Multisix yang masih mungkin untuk Indonesia. Selain itu ada DN-Trec juga masih mungkin, kalau ngomong pasar Indonesia. Iya itu kira-kira mirip kan (siap menantang Suzuki Ignis-Red)," ujar Amelia.

Namun Amelia menekankan untuk bisa melahirkan mobil itu tidak semudah memutar telapak tangan. Karena perlu memperhatikan segala kemungkinan yang cocok untuk menjadi kendaraan pilihan di Indonesia.

DN MultisixDN Multisix Foto: Rangga Rahadiansyah


"Membuat mobil bukan sekedar bikin, tapi harus cocok dengan negaranya sendiri. Nah, kalau yang cocok di Indonesia mana? Kami lagi mau survei dulu," katanya. (lth/ddn)