Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 17 Oktober 2017, 08:36 WIB

Preview Tokyo Motor Show

3 Kendaraan Listrik Toyota Punya Otak Sendiri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
3 Kendaraan Listrik Toyota Punya Otak Sendiri (Dari kiri ke kanan) Concept-i RIDE, Concept-i WALK dan Concept-i (Foto dok: Toyota)
Tokyo - Mobil di masa depan bakal semakin canggih saja. Tidak hanya bisa menyediakan berbagai layanan, kendaraan juga bakal memiliki 'otak' sendiri alias kecerdasan buatan.

Toyota memperlihatkan 3 kendaraan konsep barunya yang akan dipamerkan di Tokyo Motor Show akhir Oktober mendatang. 3 kendaraan ini hidup di dunia di mana mobil bisa mengerti manusia, bisa mengenali emosi dan kebiasaan pengemudi. Lebih canggih lagi, kendaraan dilengkapi dengan teknologi mobil otonom untuk memaksimalkan keselamatan.

Yang pertama adalah mobil 4 pintu Concept-i. Mobil sebenarnya bukan konsep yang baru karena pernah diperlihatkan di International Consumer Electronics Show bulan Januari lalu.





Yang kedua adalah mobil 2 pintu Concept-i RIDE. Mobil didesain agar penggunanya bisa bebas bergerak. Mereka yang menggunakan kursi roda atau para lanjut usia bisa mudah menggunakan mobil. Pintunya mirip mobil sport, yakni gull wing.
Concept- RIDEConcept- RIDE Foto: Toyota



Concept-i RIDEConcept-i RIDE Foto: Toyota

Joknya bisa bergeser dan untuk mengoperasikan kendaraan menggunakan joystick. Motor listriknya memungkinkan mobil melaju antara 100-150 km.

Interior Concept-i RIDEInterior Concept-i RIDE Foto: Toyota


Kemudian yang ketiga ada kendaraan konsep Concept-i WALK. Sebuah kendaraan yang didesain untuk pejalan kaki. Concept-i WALK sanggup membawa penumpangnya keliling sejauh 10-20 km.

Concept-i WALKConcept-i WALK Foto: Toyota


Ketiga kendaraan ini bisa memahami respons pengendara atau permintaan pengemudi melalui perintah suara. Mereka juga bisa menawarkan bantuan kepada pengemudi.

Concept-i secara konstan akan memonitor kondisi pengemudi dan mobil. Jika pengendara dalam bahaya dia bisa mengambil alih kemudi.

Terus kapan kendaraan-kendaraan ini diproduksi? Toyota berencana melakukan pengetesan beberapa kendaraan yang menggunakan fungsi-fungsi Concept-i di Jepang 3 tahun lagi.


3 Kendaraan Listrik Toyota dengan Teknologi Kecerdasan BuatanFoto: Toyota
(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed