Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 13 September 2017, 10:10 WIB

Laporan dari Frankfurt Motor Show

BMW Jamin Tak Pasang Perangkat Penipu Emisi di Mobilnya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
BMW Jamin Tak Pasang Perangkat Penipu Emisi di Mobilnya CEO BMW Bantah Pakai Perangkat Penipu Emisi di Mobilnya (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Frankfurt - Skandal dieselgate masih mendera pabrikan-pabrikan Jerman. Setelah VW yang sudah terang-terangan, BMW pun dituding memasang perangkat penipu emisi diesel yang serupa.

Hal ini langsung dibantah keras oleh CEO BMW Harald Kruger. "Mobil kami bersih tidak ada perangkat penipu di semua mobil BMW Group, baik itu BMW, MINI, Rolls-Royce," ujarnya saat ditanya seorang wartawan Jerman di panggung Frankfurt Motor Show, di booth BMW, Selasa (12/9/2017) waktu setempat.

Adalah sebuah majalah Jerman yang mempublikasikan laporan dieselgate yang dilakukan produsen Bavarian itu. Gara-gara laporan ini yang dirilis tahun lalu, saham BMW sempat turun.

"Sampai saat ini tidak ada investigasi resmi dari Komisi Uni Eropa atau Jerman. Tapi kami mengambil hal ini dengan serius, kami melakukan analisis internal dan memang butuh waktu lama karena harus kembali ke tahun '90-an," ujarnya.

Soal tudingan kartel yang diarahkan ke para produsen mobil Jerman, Kruger juga mengelaknya. "Saya menekankan kartel tidak ada," ujarnya.

Seperti dikutip dari dw, isu kartel ini berembus dari laporan investigatif mingguan Der Spiegel. Lima perusahaan besar, yakni BMW, Volkswagen, Porsche, Daimler dan Audi tercatat bekerjasama mendikte harga, pemasok komponen, teknik dan bahkan sistem filter mesin diesel sejak awal dekade 1990-an. Hal inilah yang disebut sebagai sumber dieselgate. (ddn/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed