Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 12 Agustus 2017, 16:36 WIB

Lahirkan Civic Type R, Honda Tak Kepikiran Pakai Transmisi Otomatis

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lahirkan Civic Type R, Honda Tak Kepikiran Pakai Transmisi Otomatis Foto: Ari Saputra
Jakarta - Honda Civic Type R sudah mendarat di Indonesia. Dengan harga mulai Rp 995 juta on the road Jakarta, Honda Civic Type R hanya ditawarkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Alasannya sederhana, Honda tak ingin mengorbankan performa mobil dengan menggunakan transmisi otomatis. Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Civic Type R Honda R&D Co., Ltd. Hideki Kakinuma, menyebut Honda tidak terpikir menggunakan transmisi otomatis.

"Filosofi Type R itu adalah simpel, ringan dan kenikmatan mengemudi, itu harus terpenuhi. Oleh karena itu ketika memilih transmisi, karena memang policy-nya seperti itulah jadi hanya manual. Dari awal tak terpikir menggunakan transmisi otomatis," kata Kakinuma di GIIAS 2017 di ICE, BSD City.

Memang, kata Kakinuma, transmisi otomatis yang memungkinkan itu salah satunya adalah transmisi kopling ganda. Namun, Honda belum menemukan transmisi yang memenuhi kriteria Type R.

"Intinya ringan dan dapat memberikan kenimatan mengemudi, tidak mahal. Kalau ada transmisi otomatis seperti itu pasti akan dipakai," kata Kakinuma. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +