Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 10 Agustus 2017, 10:50 WIB

GIIAS 2017

Ada Aturan Euro4, Gaikindo Bisa Buat Mobil yang Lebih Irit

M Luthfi Andika - detikOto
Ada Aturan Euro4, Gaikindo Bisa Buat Mobil yang Lebih Irit Uji emisi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Presiden RI Jokowi Widodo telah merestui untuk bisa menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Hasilnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menerapkan kendaraan yang efisien melalui Euro4. Gaikindo pun menyambut hal positif hal itu.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi, saat pembukaan GIIAS 2017 di ICE BSD, Kamis (10/8/2017).

"Saat ini industri otomotif Indonesia mulai menyelaraskan dengan pertumbuhan industri otomotif global, yang semakin mengarah ke kendaaaan efisien. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengatur dan menerapkan kendaraan yang efisien yang setara Euro4. Aturan ini tertuang melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutahan No 20/2017," ujar Nangoi.

Menurut dirinya aturan pemerintah yang diterbitkan bulan April lalu itu bisa menghasilkan kendaraan yang efisien, juga berdampak bagus untuk industri otomotif Indonesia.

"Penerapan kendaraan bermotor emisi gas buang yang rendah, selain menghasilkan kendaraan yang menghasilkan emisi yang rendah, lini produksi di pabrik juga semakin efisien, karena produksi bisa ditujukan untuk ekspor," katanya.

Aturan ini sejatinya baru akan berlaku pada tahun 2018. Batas akhirnya yakni pada bulan September 2018, produsen harus menyiapkan kendaraan yang memiliki standar Euro4 (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed