Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 20 Agustus 2016, 13:30 WIB

Laporan dari GIIAS 2016

Apa Kabar Mobil Esemka?

Dina Rayanti - detikOto
Apa Kabar Mobil Esemka? Foto: Istimewa (detikOto)
Tangerang - Pada 18 Oktober 2012 lalu, mobil Esemka karya anak-anak SMK di Solo telah lulus uji register dan telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 389/AJ.402/DRJD/2012.

Namun hingga saat ini keberadaannya di jalan-jalan umum tidak terlihat lagi. Apa kabarnya mobil Esemka ini?

"Mereka sudah siapkan pabrik di daerah Bogor situ, saya nggak tahu, saya cuma mengawasi dari kesiapan industrinya dan kami melihat sudah siap, saya nggak tau kalau uji karena itu menyangkut hubungan mereka ke Perhubungan, lab uji kan bukan di kami itu. Saya nggak tau kalau mereka sudah lakukan ya (uji emisi)," ungkap Dirjen Ilmate Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di arena GIIAS, ICE BSD, Tangerang.

Putu menambahkan dari pihak Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Nomor Induk Kendaraan yang bisa digunakan Esemka sebagai nomor rangka.

"Yang jelas kami sudah menerbitkan NIK jadi kalau mereka produksi mereka sudah bisa mencantumkan nomor rangka mereka susah punya NIK, tapi kalau mau produksi ya harus uji dan lainya, saya nggak tau," kata Putu.

Pada GIIAS 2016 ini, pihak Gaikindo selaku penyelenggara pun telah menyiapkan tempat khusus untuk Esemka, namun Esemka mengundurkan diri dari pameran ini.

"Kami undang, tapi yang bersangkutan mengundurkan diri. Jadi kami undang kami berikan tempat khusus. Saya kasih harganya juga berbeda dengan yang lain sudah saya siapkan, mereka bilang kali ini tidak dapat berpartisipasi," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +