Jumat, 28 Agu 2015 08:20 WIB

Laporan dari GIIAS 2015

Ini Harga Mobil Pedesaan Buatan India

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Tangerang - Tata Motors Distribusi Indonesia, sudah membidik segmen mobil pedesaan yang tengah disiapkan pemerintah sejak lama. Tata bahkan sudah memiliki mobilnya yakni Magic Iris.

Mobil aslinya adalah sebuah mobil pikap, namun bagian belakangnya ditutupi dan menggunakan bahan bakar gas.

“Mobil ini jawaban atas permintaan Presiden yang lama Susilo Bambang Yudhoyono,” ujar Public Relation Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia Kiki Fajar saat ditemui detikOto di booth Tata Motors di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Kamis (27/8/2015) malam.

Konsep mobil pedesaan muncul pada Februari 2011 lalu pada pemerintahan Presiden SBY. Waktu itu dikembangkan program pro rakyat dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang meliputi 6 hal yaitu rumah super murah, angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah dan hemat, program peningkatan hidup nelayan dan masyarakat pinggir kota.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menargetkan mobil pedesaan ini akan dirilis pada 2016.

Meski belum menyebutkan berapa harga pasti mobilnya, Kiki mengatakan harga mobil pedesaan buatan Tata sangat murah. “Pokoknya harganya di bawah harga mobil berkapasitas terkecil di Indonesia (1.000 cc) dan di atas harga bajaj,” tegasnya. Itu berarti harganya sekitar Rp 70-90 jutaan.

Mobil menggunakan mesin 611 cc dua silinder yang berbahan bakar gas yakni CNG (Compressed Natural Gas). Tenaga yang dihasilkan mencapai 9,9 kW pada 300 rpm dan torsinya 39 Nm pada 1.600 – 1.800 rpm.

“Bayangkan saja ada sekitar 70.000 desa di seluruh Indonesia, kalau ada 2-3 unit saja kan bagus,” ujarnya.

Karena bentuknya yang mungil, pengunjung GIIAS banyak yang mencoba menduduki mobil. Ada yang tersenyum, ada juga yang geleng-geleng.

Jika kurang puas dengan mobil Iris, maka Tata sudah menyediakan jawaban lain yakni pikap Ace yang sama-sama menggunakan bahan bakar gas.

Bagaimana pemerintah, Tata sudah siap nih…

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com