Selasa, 25 Agu 2015 14:16 WIB

Laporan dari GIIAS 2015

D SPBU yang Ada Pertalite, Konsumsi Premium Turun Signifikan

M Luthfi Andika - detikOto
Jakarta - Pertamina kini menawarkan bahan bakar yang lebih baik dari Premium yakni Pertalite dengan RON90. Ditawarkan dengan Rp 8.400, Pertalite terbilang cukup digemari. Karena ribuan liter setiap harinya terjual di pasaran.

Saat ini di seluruh Indonesia ada 286 unit SPBU yang menjajakan Pertalite, tiap harinya masing-masing SPBU sanggup menjual 3,28 kiloliter Pertalite.

"Per hari per spbu, rata-rata sekitar 3.280 liter per hari telah terjual. Kalau dirata-ratakan 3,2 KL terjual per harinya," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro di arena GIIAS 2015.

Itu berarti jika 286 unit SPBU itu menjual 3,2 kiloliter berarti 938 kiloliter Pertalite per hari yang diminum oleh kendaraan.

Konsumsi Premium pun menurun signifikan. Share Pertalite terhadap komposisi BBM lain naik 13 persen, sementara Premium turun dari 79 persen menjadi 68 persen.

Meski demikian, Pertamina berjanji tidak akan mengurai pasokan seluruh bahan bakar terutama bahan bakar Premium yang ada di pasaran.

"Jumlah premium kita sediakan seperti biasa, jumlahnya juga tidak kita kurangi. Nah jadi masyarakat silakah memilih apakah mau menggunakan Premium, Pertalite atau Pertamax Series yang lain, sesuai dengan tingkat kompresi mobil masing-masing," tambahnya.

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com