Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 04 Juli 2017, 12:09 WIB

Ganti Oli Mesin dan Transmisi Fortuner Tiap Berapa Km?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ganti Oli Mesin dan Transmisi Fortuner Tiap Berapa Km? Foto: PT Pertamina Lubricants
Jakarta - Hallo detikOto, saya pemilik Toyota Fortuner bensin bertransmisi otomatis tahun 2005. Yang mau saya tanyakan untuk penggantian oli mesin atau oli transmisi sebaiknya diganti tiap berapa km?

Karena saya benar-benar awam untuk mobil matik. Saya mohon info nya untuk perawatan mobil saya biar awet, atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

Noor Faizah Fitriah


Jawaban :

Hallo Noor Faizah,

Penggantian oli mesin dan transmisi sesuai dengan manual maintenance khususnya kilometer yang ada. Misalkan 10.000 km mesin, misalkan dalam 6 bulan tidak tercapai, lebih baik ganti olinya, sesuai rekomendasi dari bengkel resmi ( karena oli berpotensi rusak karena oksidasi meski KM tidak tercapai).

Begitu juga untuk transmisi misal umur 60.000 km dalam waktu tertentu tidak tercapai (biasanya 2-3x oli mesin) 1 kali oli transmisi. Jadi kalau engine 6 bulan, transmisi di 1 tahunnya.

Terus jika umur mesin dan transmisi sudah panjang/lama misal sudah ada problem oli berkurang banyak karena keausan mesin. Mungkin bisa dipendekkan 1/2 dari standar buku manualnya.


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed