Alasan di Dubai Banyak Mobil Mewah 'Dibuang'

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 20:25 WIB
Mobil Mewah yang Terbengkalai di Dubai
Mobil mewah terbengkalai di Dubai. Foto: Zing
Jakarta -

Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya atau media sosial mungkin sering melihat pemandangan mobil mewah yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya di kawasan Timur Tengah atau tepatnya di Dubai. Ya, negara tersebut memang terkenal dengan penduduknya yang makmur dan mobil-mobil mewah sudah menjadi pemandangan biasa. Tapi, apakah itu alasan sesungguhnya kenapa banyak mobil mewah seakan tidak ada nilainya di sana?

Sebuah laporan dari Donut Media memiliki penjelasan soal fenomena tersebut. Kesimpulan utamanya dari penyebab banyak mobil ditinggalkan begitu saja di Dubai tidak lain akibat hutang.

Tentu anda bertanya, bagaimana mungkin negara dengan penduduk yang makmur malah terlilit hutang. Sebelum melangkah ke penjelasan lebih lanjut, perlu diketahui lokasi tempat mobil-mobil itu ditinggalkan adalah di kawasan Persian Gulf, Dubai. Itu adalah kawasan yang kaya akan sumber minyaknya.

Karena kekayaan alam tersebut, banyak investor asing yang datang ke sana. Menariknya lagi 90 persen penduduk wilayah tersebut bukanlah orang yang lahir di Saudi Arabia atau Timur Tengah.

Berkat potensi tersebut, jaminan pinjaman uang pun sangat besar. Tidak sulit melakukan kredit untuk membeli barang mahal seperti mobil mewah. Akan tetapi risiko dari tidak dapat melunasi kredit atau hutang adalah hukuman penjara.

Hukuman ini lah yang membuat mobil-mobil tersebut akhirnya ditinggalkan begitu saja. Bagi penduduk setempat, masuk penjara adalah sesuatu yang mengerikan jadi kabur adalah cara terbaik.

Mobil-mobil yang belum lunas kreditnya pun ditinggalkan di pinggir jalan begitu saja bersama dengan kuncinya, terkadang dalam keadaan masih menyala.

Sebagai informasi tambahan, ada orang-orang 'nakal' yang mengambil mobil tersebut dan dijual di tempat lelang. Mobil-mobil ini pun bisa terjual jauh dari tempat asalnya dibeli.

Ada perusahaan yang telah disiapkan untuk membeli mobil ini, memperbaikinya, dan kemudian menjualnya. Namun, tetap saja sebagai mobil bekas yang ditinggalkan dan masih belum lunas menjadi risiko yang akan terus menghantui pemilik barunya.



Simak Video "Polisi Kini Dilarang Mengawal Konvoi Mobil Mewah-Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)