Pemotor Ini Dibikin Capek Gara-gara Standar Samping

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 26 Des 2020 17:28 WIB
Motor tidak bisa menyala kalau standar samping berdiri.
Pemotor capek nyalakan motor pakai kick starter saaat standar samping aktif. Foto: Instagram: @Ngakak_99
Jakarta -

Sebagai pemilik kendaraan sebaiknya tahu fungsi-fungsi dari motor agar tidak menyulitkan perjalanan. Kalau tidak tahu, bisa jadi anda jadi seperti seorang pria yang kebingungan menyalakan sepeda motornya.

Seorang pengguna motor matic terekam video dan ramai di media sosial terlihat kesulitan menyalakan sepeda motor dengan cara disela. Jelas terlihat dalam video motor itu beridir dengan standar dua tapi standar samping juga masih turun. Alhasil mau disela motor sampai kapan pun tidak akan pernah menyala.

"Kawan," teriak perekam video tersebut.

"Luruskan itu standar, baru start, standar satu toh," saran dari suara yang keluar dari video itu.

Pria yang berulang kali yang berusaha menghidupkan motor berulang kali dengan kick starter itu pun mengikuti langkahnya.

"Start sudah, cukup pakai start tangan," himbau pria itu lagi.

Bremm.. mesin pun langsung hidup. Pria yang tadinya kesulitan itu langsung senyum sumringah.

Ya, sepeda motor matik dibekali fitur side stand switch -- fitur keselamatan di mana mesin motor secara otomatis akan mati jika standar samping diturunkan, lalu tak bisa dinyalakan, pun ketika motor tidak bisa hidup jika standar belum dinaikan.

Fitur side stand switch merupakan terobosan pabrikan motor agar meminimalisasi resiko kecelakaan pengendara akibat lupa menaikkan standar samping pada saat ingin berbelok ke arah kiri atau pada jalanan yang tidak rata. Atau dengan tidak sengaja menarik tuas gas pada saat motor dalam kondisi diam.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "ADV 150, Bertenaga tapi Kurang Empuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)