Sabtu, 05 Sep 2020 16:41 WIB

Aneh Gak Sih, Petani Kupas Jagung Pakai Motor

Rizki Pratama - detikOto
Kupas jagung pakai motor. Kupas jagung pakai motor. Foto: Twitter: @anandmahindra
Jakarta -

Keterbatasan seringkali menjadi pemicu munculnya kreativitas. Salah satunya para petani jagung yang memanfaatkan motor untuk meringankan pekerjaannya melepas bij-biji jagung.

Kreativitas petani ini India ini diunggah dalam bentuk video oleh bos Grup Mahindra, Anand Mahindra ke akun twitternya. Mahindra mengapresiasi kreativitas ini dan telah melihat banyak contoh lainnya di dunia pertanian India memanfaatkan teknologi dari dunia otomotif.

"Saya sering menerima klip yang menunjukkan betapa kreatifnya komunitas pertanian kami mengubah sepeda & traktor menjadi mesin multi-fungsi. Ini adalah satu aplikasi yang tidak pernah saya pikirkan. Mungkin @continentaltire harus memiliki merek khusus bernama 'Corntinental?'," kelakar Mahindra lewat cuitannya tersebut.

Petani India ini menggunakan putaran ban motor untuk mengupas jagung. Motor ditempatkan di dudukan yang aman saat roda putaran mesin mengirimkan tenaga untuk memutar ban.

Beberapa orang mengomentari video ini karena tidak aman bagi petani dan tak sepatutnya dipuji. Ada risiko motor terjatuh atau polusi udara yang terus menerus dihirup dari knalpot motor tersebut.

Terlepas dari apakah ini baik atau tidak, sekali lagi kreativitas ini telah meningkatkan nilai guna dari motor. Selain itu produktivitas dari petani itu juga pastinya meningkat secara signifikan tanpa harus mengeluarkan uang lebih membeli alat khusus pengupas jagung.

Beberapa waktu lalu ada pula hal unik antara jagung dan motor dan sama-sama di India. Seorang bikers di India memasak jagung berondong alias popcorn di lubang knalpot motornya. Hasilnya, popcorn berhasil dimasak dan meledak-meledak berhamburan keluar dari lubang knalpot.





Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com