Selasa, 01 Sep 2020 06:20 WIB

Contoh Lucu Kenapa Helm Penting Saat Berkendara

Rizki Pratama - detikOto
Untung pakai helm, kepala pembonceng motor yang ngantuk disambar plang marka jalan. Video pemotor lucu. Foto: Instagram: @modereceh.id
Jakarta -

Sebagai negara dengan populasi sepeda motor yang besar, Indonesia masih tergolong kurang disiplin menerapkan prosedur keselamatan. Salah satu perlengkapan keselamatan paling krusial dalam mengendarai sepeda motor yang masih sering diabaikan adalah penggunaan helm.

Di antara yang sudah menggunakan helm pun masih hanya sekadar tidak ditilang polisi. Padahal tujuan utamanya adalah memberikan rasa aman dan perlindungan pada bagian tubuh paling penting manusia.

Jika kecelakaan-kecelakaan mengerikan tak cukup memberikan pelajaran, coba lihat sebuah video lucu ini. Dilihat dari akun Instagram @modereceh.id
seorang pembonceng sepeda motor ini menjadi sebuah contoh kecil yang menunjukkan seberapa penting menggunakan helm.

Video tersebut menunjukkan pelajar yang diboncengi temannya mulai mengantuk dalam perjalanan. Tak tahan menahan kantuk, kepala si pembonceng yang menggunakan helm oleng ke kiri dan membentur plang jalanan.

Untungnya motor tidak melaju cukup cepat dan kepala sudah menggunakan helm. Ia hanya terbangun dari tidur dan motor sedikit kehilangan keseimbangannya dan akhirnya dapat dikendalikan.

Bayangkan jika kepala pembonceng tidak menggunakan helm. Ada banyak bagian kepala yang berisiko mengalami cedera parah ketika menabrak plang tersebut. Bisa jadi mata hidung atau bagian kepala lain lecet sampai berdarah ketika menghantam benda keras.

Pelajaran lain yang dapat diambil dari video lucu ini adalah baik pengendara dan pemotor sebaiknya tidak bepergian dalam keadaan ngantuk. Sebagai pembonceng motor, tetap harus siaga tak kurang dari bagaimana pengemudi mengendalikan motor.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Keren! Polda Riau Pakai Helm Robocop Deteksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com