Jumat, 24 Jul 2020 07:11 WIB

Kereta Api Mau Lewat, Truk Crane Seberat 43 Ton Mogok di Tengah Rel

Rizki Pratama - detikOto
Crane mogok di tengah rel saat kereta api akan lewat. Crane mogok di tengah rel saat kereta api mau lewat. Foto: Instagram: @dashcamindonesia
Jakarta -

Sebuah kendaraan berat mengalami masalah dan tak bisa tak bergerak ketika melewati perlintasan kereta. Kendaraan berat jenis crane itu sudah berada di tengah rel kereta api saat portal pembatas sudah membentang membatasi kendaraan lain.

Dilihat dari video yang diunggah akun instagram @dashcamindonesia kejadian itu terjadi pada malam hari dan volume kendaraan masih cukup padat. Suara sirine tanda peringatan tak henti terdengar semakin meningkatkan rasa cemas bagi orang di sekitarnya.

"Ini mobil Kato nih di tengah-tengah rel kereta, ini padahal ada kereta mau lewat ini," ujar suara dari perekam video itu.

Dalam video berdurasi 1 menit 8 detik itu kendaraan itu sama sekali tak berpindah tempat. Perekam video sempat menyerukan orang-orang di sana untuk mendorong mobil crane keluar dari jalur. Sejumlah anak-anak dan warga setempat pun mengikuti komando, namun truk hanya bergeming.

"Dorong aja dorong rame-rame," teriaknya.

Untung saat itu truk sudah diperingati dan berhasil berhenti beberapa meter dari lokasi kejadian. "Kereta udah dekat, alhamdulillah masih bisa diberhentikan sementara," jelas sumber suara itu.

Dapat diidentifikasikan lokasi ini bertempat di lampu merah persimpangan rel di jalan Panjang, Jakarta Barat. Sementara itu crane yang mogok di tengah jalan itu merupakan Produksi Kato seri NK. Ada beberapa tipe Crane Kato yang bobotnya berbeda pula, mulai 30 ton sampai 40 ton.

Bobotnya yang tak ringan ini tentu bukan perkara mudah untuk didorong oleh tangan kosong manusia. Warga Instagram tak pelak mengomentari upaya warga mendorong kendaraan berat itu.

"Gob**k anjir kek gituan disuruh dorong," komentar akun @indonesiadispatch.

"Mobil Crabe Kato 45Ton disuru dorong," timpal akun @addhitya.

"Didorong? Dan ada beneran lagi yg dorong.. 😀tpi positifnya orang Indonesia sih masih banyak orang baik. Mungkin terlalu baik sampe segede gitu didorong 😀. Mantap," tulis akun alfen_prastya ikut berkomentar.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Ini Perbedaan Masinis KA Lokomotif dan KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com