Selasa, 26 Mei 2020 20:51 WIB

Akibat Sembarangan Modifikasi, Avanza Ini Terbakar di Jalan

Rizki Pratama - detikOto
Avanza hangus terbakar Avanza hangus dilahap si jago merah. Foto: Jani Rompas/Facebook
Jakarta -

Sebagai pecinta otomotif modifikasi memang suatu hal yang tak dapat sepenuhnya dilarang. Ada yang dilakukan sekedar untuk bergaya, ada pula yang memodifikasi untuk mengubah fungsinya.

Tentunya risiko yang pasti diterima adalah segala kerusakkan ditanggung sendiri. Modifikasi yang mengubah fungsi standar mobil pun seringkali berujung celaka pada pemilik kendaraan. Paling terbaru adalah modifikasi tangki bensin mobil Toyota Avanza yang berakhir hangus dilahap jago merah.

Kebakaraan besar yang menghanguskan mobil sejuta umat ini terjadi di Bitung, Sulawesi Utara. Foto mobil Avanza pasca kebakaran ini diunggah oleh pemilik akun Facebook Jani Rompas.

"Kebakaran Kendaraan tab BBM terjadi di dpn SMK Amrg/kambiow," tulis keterangan foto yang diunggah akun Facebook tersebut.

Dalam foto yang diunggah terlihat api sudah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. Berdasarkan keterangan yang diberikan Jani dalam status facebooknya, mobil melakukan modifikasi pada tangki bensin.

Dari foto dapat terlihat ada tangki besar yang ditambahkan pada mobil keluarga itu. Tangki tambahan itu memenuhi baris kedua dan ketiga Avanza itu. Kapasitas penumpang pun sudah pasti dikorbankan akibat modifikasi ini.

Dapat diperkirakan modifikasi ini ditujukan untuk menimbun dan menjual kembali bensin yang sudah dibeli secara eceran. Tidak dijelaskan berapa besaran-besaran kapasitas tangki BBM tambahan itu.

Setidaknya jika melihat dari ukurannya di dalam foto, tangki itu ukurannya lebih besar dari tangki BBM standar Avanza yang berkapasitas 45 liter. Meski tidak ada keterangan pasti apa penyebab kebakaran, modifikasi ini jelas memancing risiko yang besar ketika mengangkut bahan bakar dalam jumlah sebanyak itu.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com