Jumat, 20 Mar 2020 07:55 WIB

Apa Jadinya Kalau 5 BBM Berbeda Dipakai Sekaligus untuk Mobil?

Rizki Pratama - detikOto
BBM berbeda di satu mobil 5 BBM berbeda dalam satu tangki apa yang akan terjadi? (Youtube)
Jakarta -

Ada berbagai jenis pilihan bahan bakar yang dapat dikonsumsi oleh mobil dan anda mungkin sudah pernah mencoba semuanya. Walaupun sudah mencoba masing-masing bahan bakar pada mobil, pernahkah anda penasaran apa jadinya jika berbagai jenis bahan bakar dimasukkan ke dalam satu tangki sekaligus?

Pertanyaan itu dijawab oleh Garage 54. Pembuat konten video otomotif yang sering melakukan eksperimen aneh ini akan menunjukkan kepada kita semua bagaimana efeknya terhadap sebuah mobil ketika menggunakan 5 jenis bahan bakar dengan oktan berbeda.

Dalam pengujian yang didokumentasikan dalam bentuk video, Garage 54 menggunakan mobil Rusia, yaitu Lada. Secara spesifikasi mobil tersebut menenggak bahan bakar bensin.

Video dimulai ketika tim Garage 54 menuju pom bensin. Semua jenis bahan bakar yang ada disana dimasukkan ke dalam tangki mobil. Terdapat 4 jenis bensin dengan oktan berbeda dan satu bahan bakar solar. Satu jenis bahan bakar diisi 5 liter, berarti ada total 25 liter bahan bakar berbeda di dalam tangki Lada tersebut.

Tanpa diesel, 4 jenis bensin seharusnya tidak akan menyebabkan masalah berarti selain potensi ketukan percikan akibat perbedaan oktan. Masalah yang paling diantisipasi di sini adalah mobil bensin tidak akan cocok dengan bensin solar.

Solar akan menjadi lapisan paling bawah dalam tangki mobil ini meskipun dimasukkan terakhir karena masanya lebih berat daripada bensin. Diharapkan dengan perbandingan bensin yang lebih besar dapat menangani kandungan solar di tangkinya.

Lantas saat dipraktikkan apakah perkiraan itu berhasil? Saat dinyalakan mobil tidak mengalami masalah sama sekali. Saat melaju pun mengemudi yang mengendarai mobil itu pun tidak merasa ada yang aneh sama sekali. Bahkan tidak ada suara aneh yang muncul dari mesin mobil itu.

Saat melaju melewati berbagai ruas jalan kota setempat, pengemudi terus melaporkan apa yang dia rasakan. Tak ada sedikit pun gejala aneh yang berbahaya muncul dari mobil tersebut. Bahkan saat berhenti maupun melakukan akselerasi semua baik-baik saja.

Meski tidak dilakukan secara teknis dan penelitian yang baik, eksperimen ini membuktikan bahwa tidak ada pengaruh berarti akibat pencampuran berbagai jenis bahan bakar. Akan tetapi detikers sebaiknya tidak mencoba karena tidak ada anjuran dari para ahli untuk melakukan hal ini. Gunakanlah selalu jenis bahan bakar yang dianjurkan untuk jenis kendaraan anda.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mobil Bahan Bakar Udara, Surabaya "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com