Selasa, 26 Nov 2019 20:17 WIB

Bus Listrik yang Keliaran di Shanghai

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Bus bertenaga listrik mudah dijumpai di Shanghai, China. Seperti yang terlihat di jalan menuju Pudong, serta jalan ke arah Xinjiang, Shanghai. Tertangkap kamera, bus kota yang paling sering wara-wiri besutan Sunwin.

Masih terdengar asing, namun ternyata perusahaan Shanghai-Sunwin Bus Corporation (Sunwin) sudah didirikan pada September 2000. Produsen bus ini merupakan perusahaan patungan antara Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC Motor) Volvo (Cina) Investment Corp (VIC) dan Volvo Bus Corp (VBC).



Armada bus Shanghai telah menjadi semakin hijau dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak 2006, Shanghai semakin terkemuka untuk mengimplementasikan bus listrik dan hybrid. Selama Shanghai World Expo 2010, kota ini mengemudikan sebuah program yang mencakup 256 bus energi baru dengan emisi rendah hingga tanpa emisi.

Bus listrikBus listrik Foto: Ridwan Arifin/detikOto


Roadmap ini sejalan dengan pemerintah pusat China, mencuplik dari PRI (Principe for Responsible Investment) disebutkan bahkan di kota Shenzhen sudah sepenuhnya bus listrik, jumlahnya sekitar 16 ribu.



Secara total di tahun 2018 China memiliki lebih dari 400.000 bus listrik, sekitar 99% dari total dunia. Angka tersebut merupakan dampak sejak satu dekade lalu, China mulai memprioritaskan elektrifikasi angkutan publiknya dengan subsidi dan peraturan nasional.

Di Indonesia saat ini, Pemprov Jakarta akan memulai dengan uji coba bus TransJakarta listrik. Ada tiga bus yang disiapkan untuk diuji coba. Dua bus diproduksi oleh BYD dari China, satu lagi adalah MAB dari Indonesia.

Simak Video "DKI Targetkan TransJakarta Pakai Bus Listrik pada 2030"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com