Rabu, 27 Jun 2018 18:15 WIB

Laporan dari Jepang

Tertib Banget! Tidak Ada Pengendara 'Nyelonong' di Jepang

Dina Rayanti - detikOto
Tertibnya pengendara Jepang, tidak ada yang nyelonong lewati garis di lampu merah. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Disiplin lalu lintas sangat mudah ditemukan di Negeri Sakura Jepang. Jarang sekali pelanggran dilakukan oleh pengendara di sana. Hal-hal kecil sangat diperhatikan oleh pengendara Jepang demi keamanan semua pengguna jalan.

Misalnya saja untuk tidak berhenti melebihi garis saat berada di lampu merah. Semua kendaraan tertib berhenti tepat sebelum garis dan tidak ada yang 'nyelonong'.


Dengan begitu, para pejalan kaki tak perlu kebingungan saat menyebrang jalan. Ruang zebra cross pun cukup luas karena penyebrang jalan jumlahnya memang cukup banyak.

Pejalan kaki pun sangat dihargai di Jepang. Kalau dari kejauhan pengendara melihat ada pejalan kaki yang sedang menyebrang, mereka dengan sigap berhenti beberapa meter sebelum zebra cross.


Setelah pejalan kaki sampai di tempat sebrang baru mereka melanjutkan perjalanannya. Tak ada pula pengendara yang terlihat terburu-buru sehingga harus ngebut.

Perjalanan ke suatu tempat pun bisa diestimasi karena kecepatan kendaraan saat melintas di jalan dibatasi serta kondisi jalan yang tak macet. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com