Ajaib! Mahasiswa Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air Garam

ADVERTISEMENT

Ajaib! Mahasiswa Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air Garam

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 25 Mar 2022 08:05 WIB
Motor berbahan bakar air garam
Hernandez pencipta motor berbahan bakar air garam (visordown)
Jakarta -

Kalau mobil atau motor menggunakan bahan bakar bensin sebagai bahan bakar yang mengoperasikan mesin sih biasa, tapi kalau yang mengoperasikan mesin adalah air garam, detikers pernah dengar atau tidak nih?

Inovasi unik ini diperlihatkan dan diperkenalkan oleh mahasiswa asal Argentina dengan sebutan Hernandez Project. Demikian dikutip dari visordown dan La Moto Argentina.

Motor buatan mahasiswa yang bernama Santiago Hernandez ini merupakan bagian dari tugas yang didapat dirinya dari universitas. Motor dengan berbahan bakar air garam ini langsung menjadi pusat perhatian pecinta otomotif dunia, karena tanpa menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin, motor ini masih bisa melaju.

Santiago Hernandez berkuliah pada jurusan ilmu kimia kejuruan. Saat mempelajari electrolysis, dia mendapat ide untuk mengubahnya menjadi tenaga penggerak yang bisa menjalankan sepeda motor.

Secara komersial, elektrolisis dapat digunakan untuk membuat bahan kimia; atau mengekstrak dan memurnikan logam. Tapi, itu pasti akan menjadi langkah baru untuk menjadi bahan bakar mesin yang mampu menggerakkan motor.

@santyherrera01 #ciencia #salta #escuelaagricola #moto #reciclaje #argentina🇦🇷 #viral #mecanica ♬ sonido original - santy herrera

"Kami membutuhkan banyak dukungan orang-orang di dunia yang menginginkan inovasi baru," ujar Hernandez.

Untuk menggerakkan mesin, lanjut Hernandez, dirinya membutuhkan modifikasi struktural pada motor, terutama menggunakan peralatan yang serupa dengan CNG (compressed natural gas).

Jika dilihat dari tampilan motor prototipe Hernandez, dirinya menggunakan tabung kaca sebagai pengganti tangki bahan bakar, di mana air laut dimasukkan ke dalamnya dan yang menghasilkan sistem elektronik untuk menggerakkan roda belakang dengan rantai. Memang tampilan yang disajikan jauh dari sempurna, meski demikian ini menjadi karya baru dan mungkin akan jadi terobosan besar pada industri otomotif.

Saksikan d'Mentor Terbaru: Sukses Jualan di Media Sosial

[Gambas:Video 20detik]



(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT