Bikin Haru, Viral Penyandang Disabilitas Bantu Buka Jalan Ambulans di Kemacetan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 18 Mar 2022 19:30 WIB
Pria disabilitas bantu buka jalan ambulans
Pria disabilitas bantu buka jalan ambulans Foto: TikTok @mellaindahhh
Jakarta -

Viral di media sosial seorang pria walaupun tak memiliki sepasang kaki yang lengkap tetap membantu buka jalan mobil ambulans. Peristiwa tersebut langsung membuat hati warganet terenyuh.

Potongan video tersebut diunggah oleh akun TikTok @mellaindahhh. Terlihat ambulans sedang berusaha melewati padatnya lalu lintas. Namun dengan sigap pria disabilitas itu langsung mengarahkan Ambulans sembari memberi syarat kendaraan lain untuk mengalah.

Pemilik akun, Mella Indah Wulandari mengatakan peristiwa itu terjadi di depan Pasar Induk Stasiun Tanah Tinggi, Tangerang. Pria disabilitas itu diketahui bernama Taufik.

Dia mengatakan ambulans tengah membawa pasien hendak diantarkan pulang ke rumah. Namun di tengah situasi lalu lintas yang padat.

"Awalnya kita dari klinik Cengkareng membawa pasien check up berjalan menuju rumah pasien di Cisauk. Situasi setelah habis hujan, dan dari lampu merah Tanah Tinggi menuju Stasiun Tanah Tinggi lalu lintas padat karena lampu merah dan kereta lewat," kata Wulan kepada detikcom, Jumat (18/3/2022).

Taufik langsung mengambil tindakan membuka jalan untuk ambulans. Ia mengawal ambulans dengan susah payah dan meminta pengendara lain memberikan jalan.

"Ketika kita sudah di depan Pasar Induk, masnya ini membantu membuka lajur ambulans, sampai rel," cerita Wulan.

Banyak hati warganet yang tersentuh dengan aksi Taufik. Video yang telah disukai lebih dari 220 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang kagum dengan kepedulian Taufik.

"tiba menetes air mata ini ya Allah????panjang umur orang baik," tulis ahma****

"baru kali ini gua sadar bahwa kesempurnaan bukan dari bentuk fisiknya melainkan good attitude lah kesempurnaan yang sesungguhnya,,," tambah gi***

"Beliau ngga tau,ddlm ambulance itu pasien status urgent atau apa,tapi ya itulah,"PANGGILAN HATI" ,,,ngga smua org punya," komentar yang lain.

"sehat selalu buat mas yg udh bantu ambulan.. meski terbatas fisik beliau mau membantu unit prioritas," timpal lainnya.

"dia sadar kalau sesama manusia harus saling membantu selagi bisa dilakukan, dan dia sadar dia mampu untuk berdiri dan membantu,, terimakasih org baik," tulis lainnya.

Taufik adalah salah satu penyandang disabilitas yang tetap semangat menjalani kehidupannya. Walaupun hanya memiliki satu kaki, Wulan mengatakan dia masih mau berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan berjualan air mineral.

Wulan bersama rekan-rekannya kini tengah membuka donasi untuk membelikan kaki palsu. Namun donasi yang dibutuhkan dirasa masih kurang untuk membeli alat bantu tersebut.

"Iya kita open donasi, karena teman-teman TikTok banyak yang tersentuh dan banyak yang minta open donasi, makanya saya dengan rekan-rekan yang lein membuka open donasi," kata dia.

"Rencananya untuk beli kaki palsu kak, sedangkan sampai saat ini donasi masih belum cukup. Jadi kita masih bicarakan dengan yang lain donasinya untuk apa," terang dia.

"Harga kaki palsu kan lumayan mahal kayaknya kak, donasi warga TikTok ataupun instagram baru Rp 3 juta," ucap dia.

@mellaindahhhh pgn ketemu sama masnya lagi 😭😭 #Legendary5 #tulus #fyp #fypシ #vifal ♬ Bertahan Terluka - Fabio Asher



Simak Video "Jip Halangi Ambulans di Klaten Berakhir Salaman"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)