Awas Benang Layangan di Jalan! Sudah Pakai Helm, Pemotor Ini Kerudungnya Sampai Robek

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 26 Jan 2022 07:41 WIB
Tips berkendara motor yang aman
Tips berkendara sepeda motor Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Lagi-lagi peralatan safety riding terbukti menjadi penentu keselamatan dalam berkendara di jalan raya, terutama bagi pengendara sepeda motor. Seperti yang dialami oleh pengendara wanita di Bandung Jawa Barat yang satu ini.

Jika dibayangkan pasti tidak masuk akal, apa iya hanya benang gelasan layang-layang bisa membahayakan saat di jalanan? Percaya atau tidak, benang layangan juga berpotensi menjadi bahaya saat di jalanan.

Seperti dialami oleh pengendara wanita di Bandung Jawa Barat yang diposting oleh akun @Info_jabodetabek. Pada bagian dalam helm dan atas kerudung yang dia kenakan sobek saat terkena benang gelasan layangan.

"Ngeri! Terkena Gelasan Layangan di Fly Over Kerudung Wanita Ini Sobek," tulis video yang diupload @Indo_jabodetabek dan infodepok_id.

"Hati-hati! Helm dan Kerudung wanita ini Robek Terkena Gelasan Layangan Saat Melintasi Fly Over Kiaracondong. Seorang perempuan penumpang motor terkena gelasan layangan pada saat melintasi jalan Fly Over Kiaracondong, Kota Bandung, pada Minggu 23 Januari 2022," tambah akun tulis @Indo_jabodetabekdan infodepok_id.

[Gambas:Instagram]



Tentu diharapkan setiap pengendara agar lebih berhati-hati saat berkendara.

"Kejadian tersebut menimpa seorang perempuan yang menjadi penumpang sepeda motor pada Minggu sore hari. Dilansir dari unggahan akun Twitter @/kokontlsih. Akun tersebut membagikan sebuah video pada Minggu 23 Januari 2022, menunjukkan seorang perempuan yang menjadi korban sabetan benang gelasan layangan. Gelasan layangan yang tajam itu merobek busa helm penumpang motor tersebut, bahkan kerudung yang dipakainya pun sampai ikut robek," @Indo_jabodetabekdan infodepok_id menambahkan.



Founder dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, kembali mengingatkan setiap pengendara menggunakan safety gear yang nyaman dan aman. Tentu hal ini harus dilakukan agar bisa selamat saat berkendara.

"Kejadian ini akibat minimum safety gears, seperti menggunakan helm half face dengan visor, jaket denim dengan krah terkancing penuh, dan hand glove. Seharusnya untuk setiap pengendara motor harus menggunakan helm Full face dengan visor, jaket Gortex/kulit dengan kerah terkancing penuh dan hand glove," tulis Jusri kepada detikOto.

Bagaimana detikers, harus menggunakan safety gear yang aman ya. Jangan sampai hal tersebut ikut menimpa detikers.



Simak Video "Agar Rem Motor Matic Tidak Blong, Ini Tips Mengurangi Kecepatan di Turunan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)