Viral SPBU Ini Cuma Tersedia Jalur 'Honda'

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 26 Jan 2022 08:12 WIB
SPBU jalur Honda
SPBU jalur Honda Foto: Instagram @muhammad_agam
Jakarta -

Lagi ramai di media sosial, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hanya menyediakan jalur 'Honda'. Video tersebut diunggah oleh akun instagram @muhammad_agam.

Dalam video singkat tersebut terlihat motor tengah mengantre isi bensin. Tapi tampak pelang bertuliskan "Jalur Honda". Pengunggah video juga menunjukkan sepeda motornya menggunakan merek lain, yakni Yamaha.

Saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (25/1/2022) pemilik akun Muhammad Agam menceritakan, SPBU tersebut lokasinya berada di Kuta Alam, Banda Aceh.

Seperti diketahui Honda merupakan salah satu merek motor di Indonesia. Nama brand yang dikira sebagai nama barang menjadi sebuah cerminan akan suksesnya sebuah produk dalam menempatkan posisinya di pasar.

Terkait "jalur Honda, Agam mengatakan ini berkaitan dengan salah satu keunikan cara bertutur kata warga Aceh dalam menyebut sepeda motor.

"Jadi di Aceh itu ada kebiasaan kalau nyebut sepeda motor itu "kereta" atau "Honda"," tutur Agam.

Entah bagaimana asal muasalnya, Agam mengatakan, yang pasti penggunaan kata "Honda" sudah menjadi bahasa sehari-hari. Jadi kalau ada Nmax, disebut Honda Nmax, atau Satria, jadi Honda Satria ya?

"Lebih sering pengunaannya itu kalau pertanyaan sehari-hari. Misalnya naik apa ke kantor? naik Honda, padahal motornya merek Yamaha," kata Agam.

Jadi kalau main ke Aceh, jangan lupa isi bensin Honda ya, detikers?

Sebenarnya penyebutan nama sepeda motor juga berbeda di wilayah lain, misalnya di Medan atau Sumatera Utara. Masyarakat di Medan atau Sumatera Utara pada umumnya menggunakan kata 'kereta' untuk menyebut sepeda motor dan motor untuk menyebut mobil.



Simak Video "Honda Super Cub 110 Baru, Makin Klasik dan Dibawa Kerja Juga Asyik! "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)