Ternyata Riding dengan Sepeda Motor Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 12:34 WIB
Touring hari pertama Honda PCX di Pulau Bali Denpasar menempuh total perjalanan sejauh 137 km. Di rute hari pertama, rem motor Honda PCX dipaksa bekerja keras.
Ilustrasi suasana Touring Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta -

Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Nah ternyata, melakukan riding dengan sepeda motor bersama teman-teman atau komunitas dapat membantu meningkatkan kesehatan mental lho!

Dikutip dari Visordown, hal ini dibuktikan melalui sebuah survei yang dilakukan oleh Asda Money. Perusahaan melakukan penelitian terhadap lebih dari 1.000 pengendara sepeda motor di Inggris, guna mencari tahu mengapa banyak orang memutuskan untuk riding hanya untuk menghilangkan stress dan beban pikiran.

Hasil survei menunjukkan, 59% pengendara motor melakukan riding untuk merasakan kebebasan, lalu 40% lainnya ingin menikmati sensasi mengendarai sepeda motor, dan sebanyak 34% ingin mencari tahu seberapa besar kemampuan mengendarai motor saat riding.

Dari hasil survei tersebut juga menunjukkan, sejumlah pengendara dapat menghilangkan rasa cemas atau depresi berlebih dengan cara touring mengendarai sepeda motor.

Agar tidak penasaran, berikut ini dampak positif bagi kesehatan mental setelah melakukan touring bersama teman-teman atau komunitas menggunakan sepeda motor.

1. Meningkatkan Suasana Hati

Sejumlah peneliti menemukan bahwa mengendarai sepeda motor dapat melepaskan hormon dopamin dan endorfin, sehingga membuat pengendara merasa bahagia. Tentu, jika perasaan hati bahagia pasti membuat kita sehat secara mental.

2. Menghirup Udara Segar

Saat melewati daerah pegunungan dan hutan yang sejuk, usahakan untuk membuka kaca visor helm dan hiruplah udara segar selama beberapa saat. Dengan cara tersebut, kamu dapat menghilangkan rasa stress berlebih, meningkatkan sistem imun, dan menyehatkan badan.

Touring hari pertama Honda PCX di Pulau Bali Denpasar menempuh total perjalanan sejauh 137 km. Di rute hari pertama, rem motor Honda PCX dipaksa bekerja keras.Ilustrasi Touring hari pertama Honda PCX di Pulau Bali Denpasar menempuh total perjalanan sejauh 137 km. Di rute hari pertama, rem motor Honda PCX dipaksa bekerja keras. Foto: PT Astra Honda Motor

3. Terputus Sementara Waktu dari Internet

Ketika sedang berkendara pastinya akan fokus pada pandangan di depan dan sekitar, hal ini akan mengurangi kamu terkoneksi dengan internet sementara waktu. Kamu juga bisa menghilangkan rasa cemas berlebih setiap kali membuka media sosial.

4. Bertemu dengan Orang Baru

Saat melakukan touring ke suatu tempat, kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan warga lokal yang bermukim di sana. Nah, hal ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan saling memperkenalkan diri.

Apabila kamu belum pernah melakukan touring bersama sebuah komunitas, mulai sekarang coba bergabung pada salah satu komunitas dan sering ikut touring bersama. Cara ini juga bisa menambah pertemanan dan memperluas koneksi.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Sebelum melakukan riding ke berbagai tempat, setiap pengendara wajib mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Dengan melakukan sejumlah olahraga ringan dan peregangan badan, hal ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan stamina.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)