Waduh! Sejumlah Pemotor Nekat Lewat Jalan Tikus Hindari Penyekatan PPKM Darurat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 05 Jul 2021 18:40 WIB
ppkm darurat di sidoarjo
Ilustrasi PPKM Darurat Foto: Suparno
Jakarta -

Pemerintah dibantu Polri dan TNI telah melakukan penyekatan pada sejumlah ruas titik akses jalan menuju Jakarta pada masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021. Banyak pengendara yang terjebak dan dipaksa putar balik, namun tak sedikit mencari jalan tikus agar bisa sampai ke tempat tujuan.

Polda Metro Jaya melakukan penyekatan di 63 titik keluar-masuk Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) terkait kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Namun penyekatan ini berimbas kemacetan panjang, tak sedikit pengendara yang diputar balik oleh petugas. Bahkan ditemukan juga sejumlah pengendara yang meluapkan emosi kepada polisi karena tidak diizinkan melintas jalan tersebut.

Tapi, banyak juga pengendara yang nekat mencari jalan tikus hingga melewati sejumlah jalan yang tak terduga. Seperti video yang diunggah pada akun Instagram @tangsel.life.

Video yang diunggah terlihat sejumlah pengendara motor tengah melintas di jalan bertanah dan menanjak. Para pengendara berusaha mengikuti laju motor di depan hingga melewati sebuah kolong jembatan. Di bagian samping kanan terlihat banyak pepohonan dan ditutupi oleh pembatas berupa seng.

"Karena penyekatan di perbatasan Tangsel ke Jakarta mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang, warga Tangsel mencoba mencari jalan alternatif menuju Jakarta. Senin, (5/7/21)," tulis akun @tangsel.life dalam video yang diunggah.

[Gambas:Instagram]



Video ini kemudian menjadi viral dan telah ditonton sebanyak 51 ribu kali. Tentunya beragam tanggapan dari netizen hadir di kolom komentar tersebut.

"Yah ketahuan deh, besok ada yg jaga disitu gak ya," tulis pemilik akun @abdulfachrezzy

"Kaya nascar rumble nyari jalan pintas," kata pemilik akun @ryanjajal31

"Kasian yang kerja jadi pada buang-buang bensin gara-gara cari jalan," ujar akun @mutiamursaid

Seharusnya hal seperti ini tak perlu dilakukan oleh pengendara baik motor ataupun mobil. Pemerintah sudah jelas mengingatkan kepada masyarakat untuk bertahan di rumah selama PPKM darurat berlangsung. Namun nyatanya, masih banyak warga yang bekerja dari kantor (Work From Office) meski bukan dari pekerja Sektor Esensial & Kritikal (Perjalanan Dinas & Rutinitas Kantor).

Selain itu ada juga Surat Edaran Satgas COVID-19 No. 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi COVID-19 menyebutkan pelaku perjalanan harus menunjukkan kartu vaksin. Tak terkecuali bagi pengguna sepeda motor.

Tapi, persyaratan kartu vaksin dan tes COVID-19 itu berlaku untuk perjalanan jauh. Khusus wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek tidak perlu menunjukkan kartu vaksin.

Namun bukan berarti hal ini jadi alasan untuk bebas bepergian selama PPKM darurat berlangsung. Bagi pengendara yang tetap nekat dan bandel untuk keluar rumah meski bukan dari bagian sektor Esensial dan Kritikal, siap-siap petugas akan memutar balik paksa kendaraan.



Simak Video "Catat! Ini Kapasitas Maksimal Mobil Pribadi Selama Masa PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)