Senin, 27 Jul 2020 07:06 WIB

Ups! Gaya-gayaan Naik Africa Twin, Malah Rusak Tangga Dealer

Ridwan Arifin - detikOto
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua motor baru bersama pebalap MotoGP dari Repsol Honda Team, duo Marquez di Hotel Shangri-la, Jakarta Pusat, Selasa (4/3/2020). Dua motor baru Honda yang diluncurkan ini masuk ke dalam segmen big bike yakni CRF 1100L Africa Twin Adventure Sports dan Rebel. Africa Twin Foto: Grandyos Zafna
New Delhi -

Punya motor impian pasti bahagia bukan main. Terkadang selebrasi yang berlebihan juga berakhir buruk. Seperti yang terjadi pada pemilik baru Honda CRF Africa Twin 1100L di India ini, saking senangnya ia pakai motor itu keluar dari dealer.

Dikutip Cartoq, Minggu (26/7/2020) mulanya pria itu berhasil keluar dari pintu, dan kemudian menuruni beberapa anak tangga. Beberapa karyawan dealer bahkan merekam aksi penunggang CRF Africa Twin 1100L tersebut.

Dalam video yang beredar, pengendara nampaknya paham dengan teknik off-road dengan baik. Dia bahkan berdiri di atas motor untuk menjaga keseimbangan saat menuruni anak tangga.

Enam anak tangga berhasil dilewati dengan mulus. Tapi beberapa saat anak tangga hampir habis. Brak.. skid plate engine guard menghajar tangga, dan pecah seketika.

Beruntung, rider itu pun tetap bisa mengendalikan motornya. Disebutkan rider tetap pergi meninggalkan lokasi, dan tidak mengetahui sudah memecahkan tangga dealer.

[Gambas:Youtube]



Tangga boleh hancur, tapi di satu sisi video ini menunjukkan cara kerja bash plate, ketika melakukan off-road. Tujuan dari bash plate adalah untuk menjaga mesin tetap aman bahkan di medan yang tidak dikenal di mana kemungkinan batu besar tiba-tiba muncul dan menabrak mesin.

Sekedar informasi, CRF Africa Twin 1100L motor ini memiliki panjang x lebar x tinggi 2.330 mm x 960 mm x 1.560 mm. Dengan jarak antar tanah 210 mm dan tinggi jok 810 mm, sehingga wajar rider itu percaya diri akan kemampuan motor gede kesukaan Marquez ini.

Apalagi menyoal keamanan, African Twins juga nggak main-main nih detikers. Terdapat sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Africa Twin terbaru ini mendapatkan mesin yang lebih bertenaga. Berkat stroke yang dipanjangkan sekitar 5 mm, volumenya naik 86 cc dari model sebelumnya.

Mesin baru berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan mampu menghasilkan tenaga maksimal 75 kW @7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm @6000 rpm. Dengan bekal tersebut, motor bakal menjadi pesaing berat motor adventure kelas tinggi, seperti BMW R1250GS sampai KTM 1290 Super Adventure.

Duo Marquez sempat meluncurkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure di Jakarta pada awal tahun lalu. Menyoal banderol untuk tipe manual dipasarkan dengan harga Rp 559.900.000 dan tipe DCT dibanderol Rp 599.900.000. Harga tersebut dipasarkan dengan status on the road DKI Jakarta.



Simak Video "Marquez Ngakak Liat Messi Jadi 'Penggantinya' di Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com