Senin, 27 Apr 2020 18:41 WIB

Lawan Corona, Motor Ini Dimodif Sesuai 'Anjuran WHO'

Ridwan Arifin - detikOto
Motor social distancing Motor social distancing Foto: Hindustime
Tripura -

Kebijakan social distancing diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bahkan beberapa negara memutuskan lockdown, seperti di India. Meski aktivitas terbatas tak membuat ide terpenjara.

Ya, seorang pria asal Tripura, India, Partha Saha memodifikasi sebuah motor listrik sesuai anjuran dari jaga jarak dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni menjaga jarak 1 meter.

Menurut WHO, jarak yang aman antara satu orang dengan orang yang lain dalam social distancing adalah minimal sejauh 3 kaki atau 1 meter, terutama saat orang tersebut bersin atau batuk. Pesan ini coba disampaikan Partha Saha lewat sepeda motor modifikasinya.

"Social distancing sedang banyak dibicarakan sekarang. Tapi banyak orang yang nggak peduli sama hal ini. Jadi saya memulainya untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga jarak di antara orang-orang," kata Partha Saha seperti dikutip Hindustime, Senin (27/4/2020).

Pria ini mengubah rangka dengan memanjangkan jarak kursi antara pengemudi dan penumpang hingga satu meter. Penumpang itu juga disediakan handle bar untuk menggenggam ketika dibonceng. Meski tampilan-nya cenderung minimalis, yakni rangka, ban, rem, motor penggerak serta saddle.

Tidak hanya merubah desain, Partha juga lebih memilih kendaraan ramah lingkungan energi listrik. Ia menyebut menggunakan DC motor 750 watt, baterai berukuran 48 volt dan mampu mengisi ulang penuh hanya dalam waktu tiga jam.

"Saya nggak mau diproduksi secara massal karena pastinya akan lebih rumit di masalah perizinan. Yang penting motor ini punya pesan untuk tetap menjaga jarak," jelasnya.



Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com