Jumat, 27 Mar 2020 11:31 WIB

Keras! Polisi India Pukuli Pemotor yang Keluar Saat Lockdown

Ridwan Arifin - detikOto
Polisi India pukul pengendara yang bandel saat lockdown Pengendara motor disabet saat lockdown Foto: Screenshot Facebook
Jakarta -

Pemerintah India menerapkan lockdown untuk menghentikan laju penyebaran virus corona. Seluruh warga diminta untuk tetap berada di dalam rumah.

Mengutip Associated Press, Jumat (26/3/2020) dilaporkan Kepolisian New Delhi, Mumbai, dan Kerala mengambil tindakan tegas bila masih ada warga yang nekat keluar rumah. Dan terekam dalam video, polisi juga memukul pengendara menggunakan batons atau tongkat.

Seperti di negara lain, lockdown di India masih membolehkan warga untuk membeli pasokan makanan. Namun petugas disebut menyerang orang secara acak. Dalam video terlihat petugas berkeliling menggunakan sepeda motor, kemudian menyabet orang-orang di jalanan.

Sementara pengendara motor diberhentikan dan disabet ketika mereka masih duduk di atas sepeda motornya.

Alok Barman, seorang pelayan rumah di Delhi Selatan mengatakan dia terkena pukulan dari petugas, saat dirinya tengah berada di luar rumah.

"Beberapa rumah di tempat saya bekerja telah menggaji saya. Saya pikir yang terbaik adalah memberi beberapa makanan untuk dibawa pulang. Tapi polisi menyerang kami dengan tongkat, sekarang kami nggak punya apa-apa untuk dimakan," tuturnya seperti dikutip AP.

Sementara laporan kekerasan polisi tersebar luas, beberapa petugas lain memilih langkah-langkah yang tidak terlalu ekstrem. Dalam beberapa kasus ini, mereka memaksa warga yang masih berkeliaran untuk membungkuk dengan kepala di antara kaki mereka atau melakukan push-up di jalan.

Sejauh ini India melaporkan lebih dari 500 kasus positif corona dan sedikitnya 10 korban meninggal dunia.



Simak Video "Ketua Riset COVID-19: Buat Obat Itu Prosesnya Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com