Senin, 01 Apr 2019 13:41 WIB

Ban Motor Diganti Selotip, Emang Bisa?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (youtube) Foto: Pool (youtube)
Jakarta - Selotip memang menjadi solusi memperbaiki beberapa benda yang rusak. Tapi jika selotip menggantikan peran ban, bisa tidak ya?

Salah seorang stunt rider terbaik dunia, Brian Deegan dan keluarganya coba melakukan eksperimen dengan menggantikan peran ban motor trail dengan menggunakan selotip.



Hal itu terjadi ketika mereka tidak memiliki ban cadangan untuk motor trail mereka. Setelah mencari ke seluruh sudut rumah, Dengan tak menemukan satu ban cadangan, akhirnya Brian dengan bantuan saudaranya menggunakan selotip yang digulung ke pelek dan dijadikan ban.

Setelah menghabiskan beberapa gulungan selotip, hasil akhir dari percobaan itu tampak tidak terlalu buruk dan cukup menjanjikan. Bentuknya bahkan cukup bulat bagaikan ban karet yang biasa digunakan untuk motor.



Tidak cukup hanya sebagai pajangan, Deegan pun segera menguji hasil penemuannya tersebut. Meskipun tampak berkilau dengan permukaan yang licin, ban selotip ini ternyata memberikan traksi yang cukup baik di jalan offroad. Bahkan menggunakan ban tersebut Deegan tak kesulitan melakukan wheelie hingga lompatan yang tinggi.

Setelah puas melakukan beberapa aksi di atas motor trailnya, Deegan masuk kembali ke pit. Salah satu aksi yang tak sempat dicoba adalah burnout, namun berhubung permukaannya yang licin hal itu akan memakan waktu lama hingga akhirnya menghasilkan asap. Di sisi lain, traksi ban selotip ini menjadi semakin baik ketika semakin banyak lumpur dan rumput yang menempel.

Tentunya percobaan dan aksi ini tidak untuk ditiru di rumah karena keseluruhan adegan dan percobaan ini dilakukan oleh profesional. Tidak penelitian resmi tentang keamanan menggunakan ban yang dibuat dari balutan selotip.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed