Minggu, 26 Agu 2018 12:28 WIB

Keren! Kakek Ini Ngebut 477 km/jam Naik Motor Rakitannya Sendiri

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Hagerty Foto: Hagerty
Salar de Uyuni - Ralph Hudson pada Juli 2018 baru saja menciptakan rekor dunia baru dengan menempuh kecepatan 297 mph atau sekitar 477 km/jam menggunakan motor yang dirakitnya sendiri. Pemecahan rekor tersebut diselenggarakan di Uyuni salt flat, Bolivia.

Belum ada satu orang pun dalam sejarah yang mampu melaju mengendarai sepeda motor secepat itu. Dia menjadi orang pertama yang mampu mencapai kecepatan tersebut. Pria berusia 67 tahun ini mendapatkan pencapaian ini sendiri dengan Suzuki GSX-R1000 bekas tahun 2003 yang ia beli di Craiglist.


Meskipun pemecahan rekor tersebut hanya memakan waktu 90 detik, bukan berarti Hudson mencapainya tanpa perjuangan. Pada tahun 2013 di Bonneville mesin motornya berhenti pada kecepatan 321 km/jam dan tak memperbaikinya. Hudson terpental dari motornya cukup jauh yang meyebabkan cedera pada bagian bahunya.

Sebuah helikopter dengan segera melarikannya ke rumah sakit terdekat untuk penanganan darurat. Kecelakaan tersebut tidak membuat Hudson jera, justru dia semakin tertarik dengan masalah aerodinamis, dan handle agar bisa terus melaju dengan kecepatan tinggi.

Pada tahun 2017 di Bolivia, ia memecahkan rekor FIM dengan kecepatan 284.361mph. Selain kepuasan pribadi, hudson juga berkesempatan untuk bertemu dengan Presiden Bolivia, Yvo Morales atas pencapaiannya. Dari sana hudson menuju Spanyol untuk menerima penghargaan sebagai FIM world championship.

Pembalap MotoGP, Marc Marquez dan bintang Motocross, Ryan Dungey pernah melintas dalam trek yang sama dengan motor dimana Hudson tampil sebagai yang tercepat.


Setahun kemudian Hudson kembali ke bolivia dengan targer baru 477 km/jam. Dalam 10 kali percobaan salah satunya berhasil melampaui kecepatan 477 km/jam.

Pada tahun ini usaha pemecehan rekor ini lebih sulit dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan faktor cuaca yang membuat Hudson kesulitan mengendalikan motornya. "ini seperti bertarung dengan kerbau rodeo" kelakar Hudson menceritakan kebahagiaannya memecahkan rekor. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com