Senin, 16 Apr 2018 07:28 WIB

Cerita Dua Sahabat Keliling 34 Negara Naik Sepeda Motor

Dina Rayanti - detikOto
Debashish Ghosh dan sang sahabat Dharmendra Jain dalam perjalanan mereka keliling dunia. Foto: Instagram/oneworldoneride
New Delhi - Bagi mereka yang hobi naik motor, keliling dunia dengan mengendarai motor barangkali menjadi salah satu impiannya. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Debashish Ghosh dan sang sahabat Dharmendra Jain.

Mereka berkeliling 34 negara dari 5 benua dengan mengendarai motor BMW GS Adventure. Kalau di total, perjalanan yang ditempuh keduanya mencapai 68.000 km.

Melansir Drivespark, Senin (16/4/2018), perjalanan dua orang sahabat ini dimulai sejak Juni 2017. Ghosh mengatakan turing yang dilakukan bersama dengan sahabatnya itu karena terinspirasi dari acara di salah satu stasiun TV setempat.



Menurut Ghosh, tak mudah melakukan perjalanan ini. Ada beberapa kendala yang harus disiapkan sebelum ia berangkat turing. Visa India yang dipegang oleh Ghosh tidak bisa diterima di semua negara dengan mudah. Contohnya saja ia pernah ditolak untuk masuk ke Kanada dan juga Maroko.

Ghosh juga harus mengeluarkan kocek cukup dalam saat melakukan perjalanannya ini. Tapi itu tak mengendurkan semangat Ghosh untuk tetap berkeliling dunia dengan sepeda motor.



BMW GS Adventure dipilihnya karena dianggap mampu melintas di semua medan jalan. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Ghosh melakukan turing dengan sepeda motor. Sebelumnya ia pernah pergi ke Singapura dengan mengendarai Harley-Davidson.

Bicara soal lalu lintas jalan, Ghosh mengaku tidak mengalami kendala berarti, dia mengatakan jalan yang terberat justru di negaranya sendiri, India.

"Setiap orang yang pernah atau sering berkendara di India pastinya bisa berkendara dimanapun dengan aman," jelas Ghosh.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com