Senin, 19 Mar 2018 19:36 WIB

Ngeri, Gara-gara Anak Pegangan ke Gas, Motor Ini Seruduk Minimarket

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ngeri, Gara-gara Anak Pegangan ke Gas, Motor Ini Seruduk Minimarket Foto: dok. Instagram
Jakarta - Otolovers sebaiknya lebih berhati-hati lagi saat berkendara bersama buah hati. Jangan sampai malah menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan sehingga menimbulkan kerugian.



Seperti video yang viral ini, seorang pengendara motor membonceng anak kecil menggunakan skuter matik (skutik). Terlihat dalam video yang diunggah @roda2blog tersebut, anak kecil itu dibonceng di bagian depan skutik, berdiri di deck motor tersebut.

Di depan sebuah minimarket, pemotor itu mencoba menurunkan anak kecil dari motor. Tapi, motor dalam keadaan menyala dan anak tersebut diturunkan melalui sebelah kanan motor.


[Gambas:Video 20detik]


Anak itu turun dari motor sambil berpegangan ke setang yang terdapat grip gas. Alhasil, gas ditarik secara tidak sengaja, motor melaju tak keruan hingga menyeruduk masuk ke minimarket. Pintu kaca minimarket itu pecah diseruduk motor.

Belajar dari kasus ini, Andry Berlianto, Instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs sekaligus aktifis di Safekids Indonesia memberikan beberapa poin penting. Dia menyebut, sebaiknya pemotor tidak membonceng anak kecil.



"Selama kaki anak belum bisa menapak pada footstep belakang, amannya tidak menyertakannya dalam berkendara. Jika memaksa, sertakan pendamping (orang tua, kakak, kerabat dll)," kata Andry kepada detikOto, Senin (19/3/2018). Dia melanjutkan, tidak aman menempatkan anak di posisi depan pemotor.

Menanggapi kesalahan fatal pemotor tersebut, Andry menegaskan saat hendak parkir pastikan situasi sekeliling aman dan terjaga. Langsung matikan mesin ketika parkir.



"Jangan sampai ada mesin menyala hingga transmisi yang masuk (jangan sampai motor manual dalam keadaan masuk gigi) saat sudah parkir dan hendak menurunkan penumpang dan pastikan standar samping diturunkan. Beberapa varian matik sudah engine off saat standar samping turun," jelas Andry.

Dia juga menyarankan, selalu turun dari motor ke arah kiri, bukan dari kanan. Kemudian, pemotor yang terpaksa membawa anak, selalu awasi pergerakan anak dan monitor secara ketat.

[Gambas:Instagram]



(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com