Viral Mobil Nyelonong Mundur saat Parkir, Pintu Patah Terlipat ke Depan

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 17 Mei 2022 16:29 WIB
mobil lupa rem tangan sampai mundur
Mobil diduga lupa pakai rem tangan usai parkir. (Foto: Screenshot Instagram kabarjaktim)
Jakarta -

Sebuah kejadian kurang mengenakan baru saja menimpa pengendara mobil satu ini. Dalam video yang diunggah kabarjaktim, pengendara diduga lupa menarik rem tangan usai turun dari mobil.

Tak lama setelahnya mobil terlihat mundur dalam posisi pintu terbuka di sisi kanan dan kiri. Pengendara dan penumpang yang baru turun dari mobil terlihat berusaha menahan mobil namun berakhir sia-sia. Pintu mobil terjepit dalam posisi terbuka hingga terbalik, terlipat ke arah depan.

[Gambas:Instagram]



"Klo berhenti jangan Lupa tarik rem tangan ya sob, biar gak kejadian kaya gini..Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil meluncur dari garasi ke sebuah jalan. Ini akibat pemilik mobil lupa menarik rem tangan...," tulis akun kabarjaktim.

Mobil bisa mundur tiba-tiba sendiri kemungkinan besar memang diakibatkan pengendara lupa menarik rem tangan. Instruktur Defensive Driving and Riding Global Defensive Driving Consultant (GDDC) Andry Berlianto mengingatkan agar pengendara senantiasa memastikan mobil yang terparkir kondisi rem tangannya aktif.

Kalau sudah aktif pastikan juga posisi tuas transmisi sudah pada 'P' bila mobil yang dikendarai bertransmisi otomatis. Barulah setelahnya pengendara bisa turun dari mobil dan mengunci pintu.

"Kemungkinan bukan karena rem tangan sih kecil ya kecuali kualitas rem kendaraan sudah benar-benar buruk dan rem tangan tidak berfungsi," tutur Andry saat dihubungi detikcom, Selasa (17/5/2022).

Andry juga menambahkan, kalau memarkir mobil namun kondisi permukaan jalan tidak rata pengendara bisa menambahkan pengganjal berupa batu atau kayu balok. Tujuannya, ketika mobil hendak turun jadi terhambat dengan ganjalan tersebut.

"Di luar mekanis kendaraan, pengemudi bisa meminta orang lain untuk menaruh stopper / penahan / ganjalan jika kendaraan parkir dalam posisi miring. Pengemudi baru keluar kendaraan jika sdh yakin melakukan prosedur yang disebut di atas," tambah Andry.



Simak Video "Tolak Laporan Perampokan, Anggota Polsek Dimutasikan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)