Sales Sudah Dipecat Dealer Masih Pura-pura Kerja, Tipu Puluhan Konsumen

ADVERTISEMENT

Sales Sudah Dipecat Dealer Masih Pura-pura Kerja, Tipu Puluhan Konsumen

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 17 Mar 2022 06:49 WIB
Dealer mobil bekas ini menyimpan dan mengeluarkan mobilnya seperti kinerja vending machine.
Ilustrasi dealer mobil (Youtube: Carvana)
Jakarta -

Kasus penipuan dalam transaksi beli mobil kembali terjadi, kali ini di Michigan, Amerika Serikat. Seorang pria diringkus polisi karena menipu puluhan konsumen dengan mengaku sebagai sales mobil, padahal dia sudah dipecat.

Dikutip Click on Detroit, seorang pria bernama Ricardo Perez diduga telah melakukan penipuan terhadap sejumlah konsumen yang ingin membeli mobil baru di dealer. Hal ini diketahui setelah korban penipuan melaporkannya ke polisi.

Dari keterangan polisi, kejadian ini bermula dari Ricardo Perez yang menyamar menjadi seorang sales mobil pada sebuah dealer Dick Scott Chrysler di Plymouth, Amerika Serikat. Polisi mengatakan kalau Perez ternyata merupakan mantan sales di dealer tersebut dan sudah lama dipecat.

Artinya, Perez melakukan penipuan dengan seolah-olah masih menjadi sales aktif dan memasarkan kendaraan kepada konsumen. Dari hasil penyelidikan, Perez diketahui telah mengambil uang tunai milik konsumen, diduga menjual mobil hasil curian, hingga mengumpulkan informasi pribadi milik konsumen tanpa sepengetahuan mereka.

Cara tersebut dilakukan oleh Perez untuk meraup uang sebanyak mungkin. Konsumen yang berhasil ditipu Perez jumlahnya juga tidak sedikit, sampai sekarang dikabarkan ada puluhan orang yang melaporkan kasus ini ke polisi dan diprediksi bakal terus bertambah.

Salah satu korban penipuan tersebut adalah Christabelle Cabrera. Ia mengaku telah mengenal Perez cukup lama sebagai seorang sales mobil, namun ia tak tahu jika Perez ternyata sudah berhenti sebagai sales. Kini, ia harus rela uangnya lenyap karena penipuan yang dilakukan Perez.

"Well, kami sudah lama mengenal Ricky (Ricardo Perez). Dia juga banyak berurusan dengan pemain tim baseball kami. Bahkan, hampir semua orang telah membeli mobil dari Perez," kata Cabrera.

"Tapi kejadian ini lebih menyakitkan dari apapun. Aku rasa dia benar-benar pengkhianat, dia telah menjatuhkan seluruh komunitas di sini," tegasnya.

Lebih lanjut, Cabrera mengungkapkan jika sebanyak delapan orang tua dari para pemain tim baseball tersebut telah melakukan transaksi pembelian mobil lewat Perez. Namun tak disangka, uang yang dipakai untuk membeli mobil tersebut tak pernah sampai ke dealer dan justru dibawa kabur.

"Dia mengantongi seluruh uangnya, sehingga saat anggota dari Fraud Department datang kepada kami, hal tersebut sudah terlambat," jelas Cabrera.

Kini, langkah Perez dalam menipu konsumen telah berhenti setelah ia berhasil ditangkap oleh kepolisian Lincoln Park. Diyakini para korban penipuan tidak hanya berasal dari Lincoln Park saja, namun juga dari Detroit, Plymouth, Livonia, dan Macomb County.



Simak Video "Catat! Tugas Polantas Tidak Hanya Sebatas Menilang Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT