Suzuki Jimny Terjebak di Hutan Selama 47 Tahun, Pas Dijual Cuma Laku Rp 2 jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 31 Okt 2021 15:33 WIB
Suzuki Jimny Terjebak di hutan
Evakuasi Suzuki Jimny yang terjebak di hutan Foto: YouTube Matt's Off Road Recovery
California -

Satu unit Suzuki Jimny generasi pertama LJ20 terjebak selama 47 tahun di hutan Sierra Nevada, Amerika Serikat. Sebuah tim melakukan evakuasi untuk menarik keluar mobil tersebut. Bagaimana ceritanya?

Dicuplik The Drive, Minggu (31/10/2021) evakuasi ini dilakukan oleh tim Matt's Off Road Recovery. Pemilik mobil, Ed menceritakan asal muasal mobil itu bisa terjebak di dalam hutan Sierra Nevada.

47 tahun yang lalu, Ed tengah mengendarai Suzuki Jimny LJ20. Kala itu Ed berangkat lokasi penambangan. Tapi terjadi bencana longsor di gunung Sierra Nevada.

Ed pun berpisah dengan mobil kesayangannya, lantaran kesulitan untuk kembali menggunakan mobil. Pria tersebut mengaku pertama kali membeli mobil tersebut seharga US$ 200.

Matt, pemilik kanal YouTube Matt's Offroad Recovery mendengar kisah tersebut. Dia lantas ingin mengeluarkan mobil tersebut dari gunung Sierra Nevada.

Momen penyelamatan itu pun direkam dan didokumentasikan melalui channel YouTube Matt's Offroad Recovery.

Butuh perjuangan besar untuk mengeluarkan mobil tersebut. Belum lagi kondisi Jimny LJ20 milik Ted yang sudah rongsok, banyak karat di sekitar body, diselimuti akar pohon, bahkan keempat ban sudah rusak. Masalah tak berhenti disitu, sebab Matt harus melewati berbagai rintangan seperti jalur sempit hingga berbatuan.

Matt bersama timnya melakukan evakuasi menggunakan mobil bernama Banana, modelnya diketahui Jeep Cherooke. Matt bisa mengeluarkan Jimny klasik tersebut.

Menariknya, Matt bersama timnya malah tertarik untuk membayar LJ20 itu, tapi US$10 (sekitar Rp 142 ribu) lebih mahal dari harga yang Ed beli kala itu.

"Saya beli waktu itu USD 200 karena ini mobil juga bekas tabrakan," tutur Ed.

Ed pun menyetujuinya. Ia menilai Suzuki Jimny-nya tersebut jatuh di tangan yang tepat.

Suzuki Jimny bisa dikatakan sebagai mobil legendaris, umurnya bahkan sudah mencapai setengah abad. Kini masuk generasi keempat. Nah, LJ20 merupakan Jimny generasi pertama, yang mulai dipasarkan sejak tahun 1972.

Betapa klasiknya mobil tersebut hanya dibekali mesin dua tak dua silinder berkapasitas 359 cc. Di atas kertas mobil penerus LJ10 ini bisa memuntahkan tenaga 28 hp dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Oiya ini merupakan Jimny generasi pertama yang sudah menggunakan berpendingin cairan.

Desain body-nya juga membentuk sudut-sudut kotak, ala mobil 4x4 klasik. Mobil ini diketahui memiliki bobot total 625 kilogram, sementara dimensi panjangnya 3.195 mm.



Simak Video "Pria Bantul Pembuat Robot Berbahan Motor Rongsok"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)