Kasihan, Pria Ini Ditilang Gara-gara Nyetir Mobil Enggak Pakai Helm

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 11 Sep 2021 08:38 WIB
Pria ini ditilang gara-gara nyetir mobil tanpa pakai helm
Foto: Cartoq. Pria ini ditilang gara-gara nyetir mobil tanpa pakai helm.
Jakarta -

Biasanya orang akan ditilang kalau mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm. Tapi yang terjadi di India ini sungguh aneh, di mana ada orang kena tilang karena alasan tidak menggunakan helm saat mengemudi mobil. Padahal menggunakan helm seharusnya tidak menjadi hal yang wajib bagi pengendara mobil.

Dikutip dari Cartoq, insiden aneh tersebut terjadi di Kanpur, Uttar Pradesh, India, di mana seorang pengemudi mobil dihukum karena tidak memakai helm. Kronologinya, seorang pengemudi Suzuki Swift tiba-tiba dihentikan oleh polisi lalu lintas, untuk alasan yang sangat aneh. Sebabnya, dia tidak memakai helm saat mengendarai mobil.

Polisi lalu lintas itu pun lantas memberinya challan atau surat hukuman, yang mengharuskan pengendara mobil Suzuki tersebut membayar denda sebesar Rs 1.000 atau setara dengan Rp 193 ribu. Pengemudi mobil Suzuki yang kena tilang itu pun terlihat bingung dengan hukuman yang dijatuhkan padanya. Dia langsung menggunakan helm full face berwarna hitam.

Kejadian itu tentunya sangat aneh, karena helm merupakan alat pengaman bagi pengendara roda dua (baik sepeda motor maupun skuter), bukan untuk pengendara mobil. Bagi pengemudi mobil, sabuk pengaman adalah aturan wajib yang harus diikuti setiap kali seseorang mengendarai mobil.

Menurut Cartoq, tidak diketahui pasti dasar hukum apakah yang digunakan untuk menilang pengemudi mobil itu. Saat ini di India tidak ada peraturan lalu lintas yang disebutkan dalam buku undang-undang yang memungkinkan polisi lalu lintas untuk menghukum pengemudi mobil yang tak pakai helm.

Biasanya pengemudi atau pemilik kendaraan roda empat dikenakan sanksi karena tidak memakai sabuk pengaman, tidak punya dokumen yang diperlukan seperti STNK, Asuransi dan Sertifikat Pengendalian Polusi (PUC), tidak memiliki plat nomor yang sesuai.

Dan ternyata ini bukan pertama kalinya polisi lalu lintas di India menghukum pengendara dengan peraturan yang cenderung mengada-ada. Sebab pernah ada polisi lalu lintas di India yang menghukum pengendara superbike, dengan alasan karena mereka terlalu menarik perhatian. Mereka tetap ditilang dengan alasan itu, kendati mereka membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK.

(lua/din)