Duh! Pria Mabuk Nyetir Mobil Tabrak Jet Tempur

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 21 Mar 2021 15:52 WIB
Kecelakaan mobil tabrak buntut jet tempur
Kecelakaan mobil tabrak jet tempur Foto: Twitter @RALee85
Jakarta -

Mengemudi dalam keadaan mabuk bisa berakibat fatal. Peristiwa yang terjadi pada Angkatan Udara di Ukraina ini misalnya, kecelakaan langka ini terjadi yang melibatkan antara mobil MPV dengan jet tempur.

Dikutip dari media setempat Obozrevatel, Minggu (21/2/2021) peristiwa mobil menabrak jet tempur ini terjadi di Vasylkiv Air Base, Ukraina. Seorang insinyur yang juga diketahui merupakan tentara diduga mabuk alkohol sembari mengendarai Volkswagen Touran.

Ia melaju ke landasan hingga akhirnya menabrak jet tempur buatan Rusia MiG-29. Tentara yang tidak disebutkan nama dan pangkatnya itu menabrak bagian belakang dari MiG-29. Kala itu jet tempur tengah ditarik (towing) untuk masuk ke dalam hangar.

Tidak ada seorang pun di dalam pesawat tersebut, namun pengemudi Volkswagen Touran itu mengalami luka memar pada bagian dada dan wajah. Untungnya, dia kini dalam kondisi stabil.

Setelah ditabrak, jet tempur bermesin ganda itu terbakar. Hal ini terlihat dari foto-foto yang beredar di media sosial, bagian ekornya hangus serta thrust nozzle yang rusak.

Sementara Volkswagen Touran juga mengalami kerusakan berat pada bagian kap mesin yang terlihat ringsek, serta keretakan pada kaca depan. Mobil juga terlihat terbakar.

Pengemudi itu sekarang menghadapi dakwaan. Belum lagi atas insiden tersebut juga membuat negaranya merugi. Dikutip Carscoops, pesawat jet tempur Mikoyan MiG-29 baru dilaporkan berharga antara US$ 11 juta hingga 20 juta (atau diperkirakan mulai dari Rp 158 miliar).

Hal itu belum cukup, berdasarkan data Popular Mechanics mencatat bahwa Angkatan Udara Ukraina hanya memiliki 24 MiG-29, sehingga insiden tersebut merenggut 4 persen armada mereka. Sekedar informasi pesawat tempur multifungsi ini dirancang untuk bisa beroperasi dari kapal induk segala cuaca yang diproduksi oleh Russian Aircraft Corporation MiG (RAC MiG).



Simak Video "30 Jet Tempur Rafale Buatan Prancis Dibeli Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)