TikTokers Ini Panen Hujatan Gara-gara Memotret Mobil di Tengah Rel Kereta

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 09:51 WIB
Pengguna tiktok dihujat gara-gara memotret di tengah rel
Pengguna tiktok dihujat gara-gara memotret mobil di tengah rel. Foto: Screenshot Twitter
Jakarta -

Seorang fotografer mobil yang juga pengguna TikTok di Inggris dihujat gara-gara memotret mobil di tengah rel kereta api. Aktivitas tersebut dianggap sangat berbahaya, kendati kondisi rel lalu lintas sedang sepi.

Aksi nekat tersebut dilakukan oleh Liam JH Photography dan dibagikan langsung di akun TikTok pribadinya. Dalam video tersebut, menampilkan sebuah mobil Volkswagen Scirocco yang diparkir secara diagonal di antara dua rel di stasiun kereta The Oaks, di Bromley Cross, Bolton.

"Apakah Anda akan mengambil risiko untuk mendapatkan sebuah gambar yang tak akan dilakukan orang lain?" tulis judul dalam video tersebut disertai emoji bergambar api.

Dilansir dari laman FoxNews, operator kereta Inggris, Network Rail, yang mengetahui aksi tersebut langsung mengecam sang fotografer.


"Apa yang dilakukan oleh orang ini adalah kebodohan pada tingkat mengejutkan. Masuk tanpa izin di area rel kereta api adalah kejahatan, karena bakal sangat membahayakan nyawa pengguna kereta api," kata Direktur Rute, Network Rail North West, Phil James.

"Tidak seorang pun boleh masuk tanpa izin ke rel kereta api. Dan sekarang malah digunakan sebagai latar pemotretan. Nyawa bisa dengan mudah hilang karena perilaku sembrono ini dan kami akan bekerja sama dengan Polisi Transportasi Inggris untuk memastikan orang yang bertanggung jawab atas video tersebut dibawa ke pengadilan," sambung James.

Pernyataan serupa diberikan oleh Polisi Transportasi Inggris dalam rilis berita yang sama.

"Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti prosedur keselamatan di perlintasan sebidang," kata Inspektur BTP Becky Warren. "Perilaku yang ditunjukkan oleh orang dalam video ini sangat berbahaya dan sembrono - tidak ada gambar atau video yang bisa mempertaruhkan nyawa Anda."

Akun TikTok Liam JH Photography memiliki sekitar 11.200 pengikut dan fokus pada fotografi mobil. Pemilik akun ini belum melakukan konfirmasi apapun. Video yang menimbulkan hujatan itu pun sudah dihapus dari akun TikTok-nya.

Atas perbuatannya, Liam bisa dikenakan denda sekitar £ 1.000 (Rp 19 juta). Dan jika perjalanan kereta api terganggu karena perbuatannya itu, maka Liam juga bisa mendapat hukuman dua tahun penjara.



Simak Video "Geger Kepala Dusun di Nganjuk Joget TikTok di Atas Meja Kades"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)